60 Siswa Diktukpa XLIX Korps Suplay Kodiklatal dapatkan Pembekalan Kadiskual

Surabaya,  Koranpelita.com

Sebanyak 60 orang Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-49 TA 2019 Korps Suplay yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mendapatkan Pembekalan dari Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksma TNI Dr. R. Anang D. Kuncoro, S.E., M.M., CFrA, CHRMP melalui Vidio Conference (Vicon), Rabu, (1/7).

Dalam Pembekalan secara Vicon tersebut Kadiskual berada di Mabesal Jakarta yang didampingi para pejabat Utama Diskual sedangkan para siswa Diktukpa Korps Suplay berada di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Kegiatan pembekalan diawali dengan pembukaan, sambutan dari Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, pembacaan riwayat kedinasan Kadiskual, pembekalan Kadiskual dan diakhiri dengan sesi tanya jawab

Mengawali sambutan Dirum Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kadiskual yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada siswa Diktukpa Angkatan ke-49 Korps Suplay. Menurutnya dengan pembekalan dari Corps Chief tersebut para siswa mendapatkan ilmu sebagai bekal dalam kedinasan setelah dilantik menjadi perwira.

Sementara itu Kadiskual dalam pembekalanya menyampaikan bahwa pembinaan perwira Korps Suplay mengacu pada Kep Kasal No Kep/1248/VIII/2015 tentang standart kualifikasi personil Korps Suplay, Peraturan Kasal No Perkasal/2/I/2010 tentang Buku Petunjuk pelaksanaan pembinaan korps Perwira TNI AL dan Kep Kasal No Kep/1700/XII/2014 tentang Buku Petunjuk pelaksanaan pembinaan Perwira Korps Suplay TNI AL.

Menurutnya profesi dasar Korps Suplay adalah dibidang pembekalan, keuangan dan administrasi umum akan tetapi dalam bidang pengembangan lainya korps Suplay bisa menempuh propfesi bidang lainya seperti profesi Intelijen, penerangan, hukum, hidrografi, personil, pendidikan Surveyor atau Inspektorat serta penelitian.

Lebih lanjut disampaikan bahwa perwira Diktukpa sebelumnya adalah prajurit bintara. Berkaitan dengan perubahan status tersebut diharapkan para perwira merubah pola sikap yaitu mampu bersikap secara adil dan bijaksana terhadap bawahan dan lingkungan kerja, merubah pola tindak yaitu menjadi contoh dan bertanggung jawab atas segala tindakan/perilaku yang mencerminkan seorang pemimpin. Selain itu merubah pola pikir yaitu senantiasa selalu berfikir untuk kemajuan dan kelancaran organisasi dalam menjalankan tugas tugasnya.

Diakhir pembekalanya Kadiskual berharap agar para siswa menjadi perwira yang bermoral dalam arti memiliki integritas dan moral yang tinggi, konsisten jujur dan bertanggung jawab. Profesional dalam arti memiliki kepemimpinan yang handal, menguasai bidang dan tugas tanggung jawabnya. Berani dalam arti berkata benar, bertindak tegas, bertanggung jawab dan berani mengambil resiko secara rasional. Selain itu memiliki kebanggaan dalam arti memiliki semangat dan jiwa korsa yang tinggi, berdedikasi dan loyalitas yang tinggi serta teguh pada pendirian.

Selain Dirum Kodiklatal hadir dalam pembekalan tersebut Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P, Komandan Pusdikbanmin Kolonel Laut (S) Roland Manalu, S.T Dan para Komandan Sekolah dijajaran Pusdikbanmin Kodikdukum Kodiklatal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Danlantamal V Laksanakan Kunjungan Kerja Di Wilayah Jawa Timur

Surabaya,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mohamad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *