Tingkatkan Kualitas SDM Korps Elektro, Kadissenlekal Beri Pembekalan Siswa Diktukpa XLIX Korps Elektro

Surabaya,  Koranpelita.com

Dalam upaya peningkatan kualitas dan Sumber Daya Manusia korps Elektronika, Kepala Dinas Material Senjata dan Elektronika Angkatan Laut (Kadissenlekal) Laksma TNI Dono Herbowo, S.T., M.Tr., CHRMP memberikan pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-49 Korps Elektronika secara Vidio Conference (Vicon), Rabu, (1/7).

Adapun pembekalan secara Vicon tersebut Kadissenlekal berada di Mabesal Jakarta sedangkan para siswa Diktukpa Korps Elektro berada di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Sebelum pembekalan Kadissenlekal dimulai, kegiatan diawali dengan sambutan Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P yang menyampaikan bahwa siswa Diktukpa Angkatan ke-49 Korps Elektro yang mengikuti pembekalan Kadissenlekal sebanyak 33 orang. Menurutnya di Pusdiklek Kodikdukum selain mendidik Diktukpa Korps Elektronika juga mendidik Diktukpa korps Khusus Informatika.

Laksma TNI Dono Herbowo, S.T., M.Tr., CHRMP dalam pembekalanya secara umum memaparkan tentang Visi, Misi dan Tugas TNI AL, hakekat seorang perwira sebagai pemimpin dan juga sebagai manajer, Postur Perwira Korps Elektronika, Standart Kualifikasi Personil Korps Ektronika dan penempatan jabatan perwira Korps Eletronika

Menurutnya sebagai seorang Pemimpin, perwira perlu penyesuaian pola tindak, pola sikap dan pola pikir sesuai dengan besarnya tanggung jawab yang harus dipikul, selain itu seorang perwira juga harus menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan TNI secara utuh dan harus peduli dan peka terhadap berbagai permasalahan anak buah.

Sedangkan sebagai Manajer, lanjut Kadissenlekal, perwira harus memahami dan mengembangkan fungsi manajemen, menjalin kerja sama dan koordinasi, menjalin hubungan interpersonal serta meningkatkan profesional, kreatifitas dan inovasi.

Dalam bidang penugasan para Perwira Diktukpa setelah memndapatkan pangkat Letda akan ditugaskan dibidang Senjata dan Amonisi, Peralatan Elektroniika dan Navigasi, peralatan Elektronika Komuinikasi, sistim kontrol, Combat System, kompurter dan elektronika kelistrikan. Sedangkan profesi lainya yang bisa diambil adalah Intelijen, penerangan, hidrografi, personil, pendidikan Surveyor atau Inspektoerat serta penelitian yang dibawah Dislitbangal.

Hadir dalam pembekalan secara Vicon tersebut Dirum Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP, Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P Komandan Pusdikek Kolonel Laut (E) Yan Fauzullah, S.T., M.S, dan para Komandan sekolah dijajaran Pusdiklek Kodikdukum Kodiklatal.(ay)

About ahmad yani

Check Also

KunKer  di Wilayah Jawa Timur Komandan Lantamal V Laksanakan Pertemuan Dengan Bupati Banyuwangi

Banyuwangi, Koranpelita.com Dalam kunjungan kerjanya di wilayah Jawa Timur, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama (Laksma) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *