Optimalkan Pelaksanaan Latihan, Koarmada I Gelar TFG Gladi Tugas Tempur Tingkat III

Jakarta,  Koranpelita.com

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., memimpin pelaksanaan TFG (Tactical Floor Game) Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) di Gedung O.B. Syaaf Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No.67 Jakarta Pusat, Senin (13/7/2020).

Koarmada I sebagai Komando Utama Operasi dan Pembinaan TNI Angkatan Laut memiliki tugas menyelenggarakan operasi laut dan sekaligus melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur dari setiap elemen SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu).

Untuk itu, Koarmada I akan menggelar latihan dalam Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2020 dengan bermanuver dari Laut Jawa menuju Perairan Kepulauan Lingga, dan Pendaratan Amfibi di Pantai Todak Desa Batu Berdaun Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini melibatkan Unsur Koarmada I, Kolinlamil, Marinir, dan Puspenerbal (Pusat Penerbangan Angkatan Laut) dengan materi dan tahapan secara full mission profile, sehingga memberikan gambaran pengembangan taktik, teknik dan prosedur berbagai kemampuan tempur pada level operasional layaknya dimedan sesungguhnya.

Maka pada hari ini Senin (13/7) dilaksanakan TFG yang merupakan simulasi rencana Operasi Tugas Tempur Tingkat III yang sesungguhnya dilaksanakan di Kabupaten Lingga Provinsi Kepri.

Pangkoarmada I dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan TFG ini adalah mensinkronisasikan dan menguji jadwal giat rinci yang sudah disusun, menemukan berbagai kemungkinan permasalahan pada jadwal giat rinci, menemukan berbagai tindakan guna mengatasi resiko yang akan dihadapi pada saat manuver lapangan, dan memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh peserta manuver lapangan.

Pangkoarmada I juga menekankan kepada peserta agar melaksanakan TFG dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab sebagai wujud dari dari dharma bhakti kita kepada bangsa dan negara, tunjukkan bahwa Prajurit TNI AL/Koarmada I adalah prajurit yang profesional yang mampu melaksanakan seluruh tugas dengan baik, jadikan tanggapan dan saran dari seluruh peserta TFG sebagai bahan koreksi agar pelaksanaan kegiatan latihan dapat berjalan aman dengan mengutamakan prinsip zero accident.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Panglima TNI Wisuda 923 Prajurit dan Bhayangkara Taruna

Jakarta,  Koranpelita.com Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin upacara wisuda 923 Prajurit Taruna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *