Dalam Rangka Penenggelaman Eks KRI Slamet Riyadi Danlanal Denpasar Laksanakan Audiensi Dengan Bupati Karangasem

Denpasar,  Koranpelita.com

Dalam rangka penenggelaman Eks Kapal Perang RI (KRI) Slamet Riyadi-352 yang akan dijadikan destinasi wisata selam di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali, Pada hari Senin tanggal 17 Juni 2020 pukul 08.45 Wita bertempat di Kantor Bupati Karangasem, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Bali Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, S.E. didampingi Palaksa, Pasintel, Ka Akun dan Danposmat Candidasa melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka Audensi dengan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri S.Sos., M.A.P., dikantor Bupati Karangasem Bali.

Kunjungan tersebut dalam rangka membahas tentang penandatanganan penenggelaman eks KRI Slamet Riyadi untuk dijadikan destinasi Wisata Bawah Air di Kab. Karangasem, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Karangasem.

Kunjungan Danlanal Denpasar ke Kabupaten Karangasem disambut langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Mas Sumantri didampingi oleh Asisten II I Made Swama, Staf Ahli Bupati Karangasem I Wayan Sutapa, Kadis Perikanan I Ketut Artama, dan Kadis Pariwisata I Ketut Sedana Merta.

Dalam Audiensi Danlanal Denpasar menyampaikan bahwa kedatangan kali ini disamping untuk silturahmi dengan Instansi Pemkab. Karangasem juga membahas tentang penandatanganan penenggelaman Eks KRI Slamet Riyadi di perairan Karangasem.

Disamping itu Danlanal menjelaskan tentang tupok Lanal Denpasar dibidang keamanan kemaritiman adalah menjadi tanggung jawab TNI-AL dan Rakyat, Danlanal menyampaikan juga apabila ada lokasi kosong diberikan untuk dibuatkan Dermaga sandar KRI di Kab. Karangasem, mengingat wilayah laut Karangasem berhadapan langsung denga TSS yang berada di ALKI untuk kepentingan keamanan laut di wilayah Kab. Karangasem.

Dalam sambutannya, Bupati Karangasem menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL, yang telah mengabulkan permohonan dari Pemkab Karangasem tentang pemanfaatan kapal-kapal perang eks TNI AL untuk ditenggelamkan di perairan Kabupaten Karangasem sebagai sarana untuk destinasi pariwisata bawah air.

Sesuai penyampaian Danlanal tentang dermaga untuk sandar KRI, Bupati juga akan mengalosikan untuk sandar KRI di Kec. Kubu dan untuk mekanismenya akan dibahas lagi dikemudian hari.

Terkait dengan surat permohonan lokasi baru untuk Posmat Candidasa di Jalan Labuhan Manggis yang diajukan oleh Danlanal Denpasar bulan Februari yang lalu kepada Bupati Karangasem, Danlanal menyampaikan bahwa Posmat Candidasa juga melaksanakan tugas keamanan kemaritiman diwilayah Karangasem, terkait dengan itu Danlanal berkoordinasi dengan Bupati Karangasem agar Posmat diberikan sarana tempat/lokasi Posmat yang strategis untuk melaksanakan tugas pokok Posmat tersebut.

Usai audiesi dengan Buapati Karangasem Danlanal melanjutkan kunjungan ke BPIU2K (Balai Produksi udang Unggul dan Kekerangan) dalam rangka salah satu program ketahanan pangan untuk menghadapi situasi pandemic Covid-19.

Dalam kunjungan tersebut Danlanal disambut langsung oleh Kepala BPIU2K Bapak Winarno di Kantor BPIU2K Karangasem. Dalam pertemuan tersebut disamping meninjau lokasi budidaya pembesaran dan pembenihan udang, dibahas juga tentang cara budidaya udang unggulan Vanami yang dikembangkan di BPIU2K, serta rencana program latihan untuk budidaya udang Vanami oleh anggota Lanal Denpasar.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Komandan Lanal Banyuwangi Sambut Dan Dampingi Kajida Wantannas RI

Banyuwangi,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi, Lantamal V, Koarmada II Letkol Laut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *