Pangkoarmada III Pimpin Serahterima Lima Jabatan Strategis Serta Resmikan Satuan Kapal Bantu dan Satuan Kapal Ranjau Koarmada III

Sorong, Koranpelita

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) dan Komandan Satuan Udara Koarmada III dalam suatu upacara parade militer di lapangan upacara Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (24/).

Serah terima jabatan Komandan Guskamla Koarmada III dari Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi kepada Laksamana Pertama TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si. Selanjutnya, Laksma TNI Agus Hariadi akan menjabat Komandan Pangkalan TNI AL (Lantamal) XII Pontianak. Sedangkan Laksma TNI Taat Siswo Sunarto, S.E., M.Si., sebelumnya menjabat Direktur Umum Kodiklatal di Surabaya.

Pada saat yang sama juga diserahterimakan Komandan Satuan Udara Koarmada III dari Letkol Laut (P) Winardi, S.H., M.H., kepada Kolonel Laut (P) Maarif, S.H. Selanjutnya, Letkol Laut (P) Winardi, S.H., M.H., akan menjabat Komandan Wing Udara 2 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) di Surabaya.

Sedangkan Kolonel Laut (P) Maarif, S.H., sebelumnya menjabat Komandan Komando Latihan Puspenerbal Mabesal.

Sebelumnya telah dilaksanakan serah terima jabatan Asops Pangkoarmada III dari Kolonel Laut (P) Friche Flac kepada Kolonel Laut (P) Dato Rusman, S.N., S.E., M.SI. Kolonel Laut (P) Friche Flac selanjutnya akan menjabat Komandan Kolat Koarmada II.

Sedangkan Kolonel Laut (P) Dato Rusman, S.N., S.E., M.SI., sebelumnya menjabat Kepala Staf Guspurla Koarmada II. Kadisinfolahta Kolonel Laut (E) Asep Subhan, S.T., kepada Letkol Laut (E) Gesit Pratiknyo, S.T., M.A.P. Selanjutnya, Kolonel Laut (E) Asep Subhan, S.T., akan menjabat Pranata Utama Disinfolahtal Mabesal, sedangkan Letkol Laut (E) Gesit Pratiknyo, S.T., M.A.P., sebelumnya menjabat Kadep Akademik STTAL. Komandan Denma Koarmada III dari Kolonel Marinir Rusmo kepada Kolonel Marinir kepada Kolonel Marinir Hermawan Prasetyabudi.

Kolonel Marinir Rusmo akan mendapatkan jabatan di Kodiklatal, sedangkan Kolonel Marinir Hermawan Prasetyabudi sebelumnya menjabat Staf Ahil Pangkoarmada III “F” Bidang Binpotnaskuatmar.

Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III juga meresmikan dan mengukuhkan Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmada III Kolonel Laut (P) Heru Wahyono, S.H., yang sebelumnya menjabat Asops Lantamal VII Kupang dan Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmada III Kolonel Laut (P) Oky Iskandar Zulkarnaen, S.H., M.A.P., yang sebelumnya menjabat Paban IV Evadik Ditjianbang Kodiklatal.

Pangkoarmada III mengatakan Guskamla Koarmada III sebagai komando pelaksana operasi yang memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi keamanan laut dalam penegakan hukum di laut yurisdiksi nasional Indonesia, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Dengan tugas yang sangat kompleks tersebut, Guskamla Koarmada III dituntut terus meningkatkan kesiapsiagaan operasional.

Dalam periode tahun 2018 sampai dengan tahun 2019, Guskamla Koarmada III telah berhasil menyelenggarakan beberapa kegiatan operasi dan latihan dengan baik, diantaranya di bidang latihan telah melaksanakan kegiatan latma Multilateral Rimpac 2018 di Amerika serta latihan penanggulangan bencana Koarmada III tahun anggaran 2019.

Bidang operasi telah menyelenggarakan operasi keamanan laut dan operasi pengamanan ALKI III sepanjang tahun 2018 sampai dengan saat ini.

Pelaksanaan beberapa tugas operasi dan latihan Guskamla Koarmada III selama periode 2018 – 2019 yang berhasil dengan baik, diantaranya Latma Multilateral Rimpac 2018 dan latihan penanggulangan bencana Koarmada III tahun anggaran 2019.

Pada bidang operasi menyelenggarakan operasi keamanan laut dengan sandi “Taring Hiu” dan operasi pengamanan ALKI III dengan sandi “Petir Salawaku sepanjang tahun 2018 sampai dengan saat ini, dengan tugas pokok mengamankan perairan wilayah kerja Koarmada III.

Sedangan Satuan Udara merupakan unsur pelaksana dari Koarmada III yang bertugas mengkoordinasikan kesiapsiagan tempur unsur udara sebagai komponen SSAT (KRI, Pesawat Udara, Pangkalan dan Marinir) dalam rangka mendukung tugas Koarmada III selaku kotama operasi TNI.

Satuan Udara Koarmada III sampai dengan saat ini telah berhasil dalam mengawali peresmian satuan baru dilingkungan koarmada III dengan mampu menyusun software dan piranti lunak satuan udara koarmada III serta mampu melaksanakan koordinasi yang baik dengan puspenerbal guna mengoptimalkan pesawat udara TNI AL yang beroperasi di wilayah kerja koarmada III, baik untuk fungsi patroli udara maritim maupun memenuhi kebutuhan untuk pergeseran personel yang membutuhkan waktu segera.

Sementara pada upacara serah terima jabatan Asops Pangkoarmada III, Kadisinfolahta, dan Dandenma Koarmada III, Pangkoarmada III menegaskan bahwa upaya-upaya perbaikan kinerja organisasi telah dilaksanakan oleh Asops Pangkoarmada III, Kadisinfolahta Koarmada III dan Dandenma Koarmada III.

Menurutnya,  keberhasilan pembinaan tersebut telah terlihat dan dapat dibuktikan dengan melihat peningkatan kualitas kinerja satkernya.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Polda Bersama Korem 102 Panju Panjung Laksanakan Touring Budaya.

Palangka Raya, Koranpelita.com. Upaya Polda Kalteng dan Korem 102 Panju Panjung dalam melestarikan budaya terus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *