Kodam IV/Diponegoro Adakan Operasi Katarak Untuk Masyarakat Jawa Tengah

SEMARANG,KORANPELITA – Pangdam IV/Diponegoro diwakilkan Irdam Brigjen TNI Yudi Pranoto, S.H., M.M., membuka kegiatan Baksos operasi katarak dalam rangka membantu masyarakat pra-sejahtera di wilayah pesisir utara Jateng di Rumah Sakit Bakti Wira Tamtama Kodam IV/Diponegoro. Jumat (24/5/2024).

Kegiatan Baksos tersebut merupakan kerjasama antara Kemensos RI, Yayasan Lentera Mata Indah (YLMI) serta Kodam IV/Diponegoro. Dimana pelaksanaannya dihadiri langsung oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI Bapak Gandi Sulistiyanto.

Irdam mengatakan, Baksos tersebut digelar untuk membantu masyarakat pra-sejahtera yang .mengalami masalah katarak pada mata sekaligus sebagai wujud kepedulian TNI bersama mitra kepada masyarakat. Pasalnya menurut hasil survey Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) di 15 provinsi pada periode tahun 2014-2016, terdapat 176.977 kasus kebutaan di Jateng dan 73,8 persen diantaranya disebabkan oleh katarak.

“Kegiatan yang melibatkan masyarakat di wilayah 15 Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro ini merupakan bagian dari upaya TNI untuk menyukseskan program Pemerintah dalam membrantas kebutaan yang disebabkan oleh katarak”, ungkapnya.

Acara tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 22 sampai 25 Mei 2024. Harapannya dengan digelarnya kegiatan tersebut dapat menggerakkan partisipasi dan memberikan dorongan kepada berbagai komponen untuk bergotong-royong dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat yang kurang mampu. Termasuk kepada semua pihak terkait, mewakili Pangdam, Irdam mengucapkan terimakasih.

Kesempatan yang sama Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI turut memberikan penghargaan kepada Yayasan Lentera Mata Indah atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Acara tersebut turut dihadiri Aster Kasdam Kolonel Inf Lukman Hakim, M.Han., Dandim 0733/KS Letkol Kav Indarto, Ketua Perdami Pusat dan Provinsi Jateng, Ketua YLMI, Yayasan Ishk Tolaram dan Xiao Yao Bang.(sup)

About koran pelita

Check Also

Teridentifikasi Melebihi Ambang Batas, 28 Armada BRT Diperiksa Dishub Kota Semarang

SEMARANG,KORANPELITA.- Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan menjaga kebersihan lingkungan, 28 armada BRT Trans Semarang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca