Ini Pesan Ny. Fera Muhammad Ali Saat Resmikan Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah Belawan

Belawan,  koranpelita.com

“Pengembangan kualitas pendidikan dewasa ini, menempati peran sangat penting dan strategis bagi kelangsungan kehidupan bangsa Indonesia. Dikarenakan, tinggi rendahnya pendidikan, menjadi penentu kualitas nasib bangsa kita dimasa yang akan datang, sehingga tinggi rendahnya kualitas bangsa kita di masa depan, sangat tergantung pada derajat keberhasilan penyelenggaraan pendidikan itu sendiri”.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali selaku Pembina Yayasan Hang Tuah saat meresmikan Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah Belawan, Sumatera Utara, pada Senin (16/10).

Guna meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana khususnya pada bidang pendidikan, secara simbolis Ny. Fera Muhammad Ali didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan penandatangan prasasti, dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah yang terletak di Jalan Yos Sudarso KM 11,5 Medan ini. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan peninjauan gedung baru serta sejumlah fasilitas penunjang pendidikan yang ada di sekolah tersebut.

Pembina Yayasan Hang Tuah menyampaikan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan produktifitas yang harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja.

Lebih lanjut Ny. Fera Muhammad Ali menjelaskan sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007, ini merupakan wujud nyata dari komitmen Yayasan Hang Tuah untuk terus berupaya memperbaiki diri, agar dapat menciptakan satu sistem pendidikan yang terbaik bagi seluruh peserta didiknya.

“Dengan diresmikannya Ruang Kelas Baru (RKB) dan Laboratorium Teknik Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah Belawan ini, menjadikan SMK Hang Tuah Belawan dapat memenuhi sistem pendidikan nasional dengan menyediakan sarana dan prasarana yang standar sehingga memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan secara optimal”, ungkap Pembina Yayasan Hang Tuah.

Pembangunan Gedung Yos Sudarso SMK Hang Tuah dimulai sejak tanggal 8 Maret 2023 dengan luas 577 m2 dari total luas 3.852 m2. Rencananya gedung ini akan dibangun dua lantai agar dapat menampung jumlah siswa lebih banyak. Secara keseluruhan sekolah ini terdiri dari 4 gedung yang akan digunakan sebagai bengkel/labolatorium dan 4 kamar mandi siswa, yang bermanfaat dalam penambahan fasilitas sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar.

Yayasan Hang Tuah sendiri merupakan merupakan suatu yayasan yang dilatar belakangi semangat mencerdaskan kehidupan bangsa utamanya pembangunan generasi muda, istri-istri anggota TNI AL. Yayasan Hang Tuah yang didirikan sejak tahun 1947 sudah mulai menunjukkan kepeduliannya dengan mendirikan sekolah-sekolah yang menjadi cikal bakal keberadaan sekolah-sekolah Hang Tuah.

Dengan visi menjadikan putra-putri keluarga besar TNI Angkatan Laut dan masyarakat umum cerdas, sehat jasmani dan rohani, berbudi luhur serta memiliki jiwa kebaharian/wawasan kelautan melalui pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, dan menengah yang berkualitas dan mandiri saat ini Yayasan Hang Tuah telah memiliki 14 Cabang yang berada di seluruh Indonesia.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat

Jakarta, koranpelita.com Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca