KOPI Mas Tries: R.E S.T.A.R.T Your Life Right Now

Ini sebuah pengantar. Kopi Mas  Tries akan hadir di koranpelita setiap awal pekan, sebagai bahan memulai hari. Jangan terlalu tegang menghadapi sebuah awalan, karena ada KOPI, kolom olah pikir. Diasuh oleh Mas  Tries atau lengkapnya Sutrisno Yulianto, STP, MM, C.NLP. Seorang trainer & motivator, penggiat sosial, coach & consultant agribisiness, serta lulusan Universitas Gajah Mada Jogjakarta.

Kali pertama ini  KOPI Mas Tries menghadirkan hasil olah pikir mengenai RESTART. Yaitu sebuah Respon atas kondisi pandemi yang telah terjadi di negeri ini. Apa itu RESTART? Kenapa kok mesti di-RESTART? Kapan harus dilakukan RESTART?

Dan Bagaimana dan Harapan kondisi setelah dilakukan  RESTART? Semua itu  akan mewarnai KOPI Mas Tries beberapa terbitan ke depan. Bagaimana Anda penasaran? Mari kita mulai pembahasannya.

Saya pertama kali mendengar istilah RESTART kurang lebih sekitar tahun 1988 ketika saya sedang mulai belajar dan menggunakan komputer. Saat itu kira-kira aku masih kelas 2 SMA.

Ketika computer yang dioperasikan mulai “ngehank” alias tidak mau beroperasi lagi atau ngambek entah kenapa, pak guru praktikum ataupun penjaga rental komputer  pasti akan bilang dan menyarankan untuk di-RESTART aja mas.

Jadi, rupanya, Restart itu, komputernya dimatiin dan di-START ulang  dari awal atau memulai baru lagi dari NOL. Ya Itulah kira-kira makna RESTART, memulai dari NOL lagi, seperti yang sering terdengar  petugas-petugas di SPBU ketika kita sedang mengisi bahan bakar.

Kalau begitu apa sekarang yang mesti di RESTART?

Ide ini muncul ketika melihat, mengalami dan merasakan bagaimana pandemic terjadi di negeri ini yang sudah hampir 6 bulan. Krisis yang terjadi akibat pandemi ini masih terasa panjang dan bahkan sudah  ada tanda-tanda mengarah ke resesi ekonomi.

Pandemi memang bergerak sangat cepat dan telah merombak tatanan hidup manusia yang ada serta menghadirkan kebiasaan-kebiasaan baru, cara-cara baru bahkan juga keseimbangan maupun peluang baru dalam setiap kita.

Rasanya belum terbayangkan akan bisa kembali pada suasana seperti sebelum Desember 2019. Lalu bagaimana kita, kalau sudah terjadi demikian? Bagaimana juga dengan rencana-rencana yang sudah kita buat? Bagaimana dengan pekerjaan dan bisnis-bisnis yang kita jalankan?

Nah dari sederetan pertanyaan-pertanyan itu munculllah ide tentang RESTART. Saatnya kita me RESTART bisnis dan kehidupan kita, agar tidak hanya bisa bertahan saja tetapi terus bergerak memanfaatkan peluang yg muncul dengan cara-cara baru, kreativitas dan inovasi baru dan mungkin dengan meninggalkan cara-cara lama.

RESTART:

Apakah saatnya sudah tepat atau malah sedikit  terlambat, para Sahabat harus melakukannya sekarang ini.

Kemudian apa yang dimaksud dengan RESTART ini. #Kolom Olah PIkir (KOPI) Mas tries akan membahasnya  menjadi 7 Langkah yang harus kita ambil di masa pandemi ini agar arah bisnis dan kehidupan kita semua menjadi sesuai atau selaras dengan Bisinis Model yang Baru (New Business Model) dan lingkungan yang baru (New Society) akibat perubahan-perubahan yang sedang terjadi. Adapun Ketujuh Langkah tersebut adalah :

R eview GOAL

E martasikan dalam Pikiran (Mindset)

S ehat dalam semua Aspek

T erus mengandalkan Tuhan

A mbil Tindakan Segera

R encanakan Prioritasmu (30-60-365)

T etapkan langkah-langkahnya.

Ulasan mengenai Ketujuh Langkah tersebut akan kami hadirkan dalam #Kolom Olah PIkir – KOPI Mas Tries Ke depan untuk para sahabat semuanya.

Salam KOPI Mas Tries

About dwidjo -

Check Also

Kenali Sejarah Suku Batak hingga Keindahan Lanskap Danau Toba

Berlibur ke Danau Toba #DiIndonesiaAja tak akan menjemukan. Mata ini tidak hanya dimanjakan pesona magis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *