Calon Taruna dan Taruni AAL Tahun 2020 Panda Lanal Semarang Laksanakan Tes Samapta

Semarang,  Koranpelita.com

Sebanyak lima belas calon Taruna dan Taruni AAL yang terdiri dari 11 pria dan 4 wanita panitia daerah (panda) Lanal Semarang menjalani tes kesamaptaan dan postur.

Setelah melaksanakan tes pemeriksaan kelengkapan administrasi personel dan tes kesehatan gelombang pertama beberapa waktu lalu, kini calon Taruna dan Taruni AAL yang telah mendaftarkan dirinya untuk menjadi Taruna dan Taruni AAL TA 2020 pendaftaran Lanal Semarang melaksanakan tes kesamaptaan jasmani A dan B. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Katim Kolonel Laut (S) Wisnu bertempat di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang. Jum’at (17/7).

Tujuannya, untuk mengetahui kemampuan batas fisik seorang calon prajurit dan bentuk postur tubuh sesuai dengan aturan tentang standar penerimaan calon prajurit TNI AL.

Tes kesamaptaan jasmani tersebut berupa lari, push-up, sit-up, pull-up serta shutle run dan renang sepanjang 25 m. Untuk menjadi seorang taruna dan taruni selain lulus, harus pula lulus tes kesehatan, psikologi tinggi, mental ideologi yang mantap, wawasan luas, performance yang bagus, juga diperlukan jasmani yang sehat dan kuat agar mampu menghadapi dinamika tantangan tugas yang tidak ringan.

Sebelum tes kesamaptaan dimulai, para calon terlebih dahulu melaksanakan tensi, pemanasan dan peregangan yang dipimpin oleh personel Binjas, dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, maka darah dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk dipacu kerja lebih berat yang tidak mengakibatkan cedera otot dan cedera sendi.(ay)

About ahmad yani

Check Also

MELALUI VIDEO CONFERENCE, DANLANAL CILACAP PANEN RAYA BERSAMA KEPALA STAF TNI ANGKATAN LAUT

Cilacap,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, PSC. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *