Satrol Lantamal III Adakan Uji Terampil L-1 Di KAL Sanca dan KAL Kobra

Jakarta,  Koranpelita.com

Guna mencapai kesiapan dan kesigapan prajurit serta Pos Tempur di kapal dlm rangka mewujudkan kesiapan operasional unsur-unsur Satrol Lantamal III, Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal III Jakarta, Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi memerintahkan KAL Sanca I-3-55 dan KAL Kobra melaksanakan I-3-56 Uji Terampil Glagaspur Tingkat -1 / L-1 yang pelaksanaannya dilakukan di Dermaga JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara, baru-baru ini.

Di awal pelaksanaan uji trampil L-1 ketua Tim Uji dhi dari Kolat Koarmada Í Letkol Laut (P) Nugroho Putro D, CTMP memberikan pengarahannya kepada seluruh ABK KAL. Sanca I-3-55 dan KAL Kobra I-3-56. “Bahwa dalam memenuhi tuntutan tugas untuk mencegah dan mengamankan perairan di wilayah kerja Lantamal III personel dan unsur-unsur dituntut untuk memiliki reaksi yang cepat dalam merespon setiap ancaman tindak ilegal maupun kecelakaan di laut sehingga dapat memenuhi tugas pokoknya dengan baik.

Oleh karena itu mengacu pada tuntutan tugas tersebut maka para personel Satuan Patroli (Satrol) Lantamal III disiapkan sebagai prajurit matra laut yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang latihan L1, pelatihan L1 ini sangat penting sekali karena untuk meningkatkan kemampuan personel dalam operasional penugasan.

“Hal tersebut agar para peserta latihan L1 ini mampu melaksanakan semua kegiatan beserta persoalan latihan untuk dapat diselesaikan dengan baik, sesuai dengan Standard Operasional Procedur (SOP),”cap Katim.

Dilanjutkan dengan kegiatan Uji tulis, pengecekan jurnal – jurnal kapal, kesiapan peralatan navigasi, alat PEK/keselamatan kapal, melaksanakan uji terampil peran-peran yang ada di kapal, pengecekan sertifikat kelaikan kapal dan sertifikat kesesuaian kapal dengan hasil valid sampai dengan, tanggal 28 Oktober 2021. Kegiatan diakhiri dengan mengevaluasi/mengkaji ulang hasil yang telah dilaksanakan yg selanjutnya akan ditindak lanjuti dgn pelaksanaan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur Tingkat-2/ L-2.

Sebagai Tim uji terdiri dari Letkol Laut (P) Nugroho Putro S, CTMP, Peltu Rully Anang, Pelda Eko Ari Istianto, Serda Adinda Mawardah, di ikuti oleh seluruh ABK KAL Sanca I-3-55 dan KAL Kobra I-3-56.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Letkol Marinir Rino Rianto Jabat Danpusdikif Kodikmar Kodiklatal

Surabaya,  Koranpelita.com Letkol Marinir Rino Rianto resmi menjabat Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Danpusdikif) Komando Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *