Prof Dr Haryono Suyono Beri Masukan Pembangunan SDM

Jakarta, Koranpelita.com

Prof Dr Haryono Suyono berbincang-bincang santai dengan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar, di kawasan Kalibata Jakarta Selatan, Kamis 6 Februari 2020.

Haryono Suyono menyampaikan pokok-pokok pikiran terkait dengan pembangunan sumberdaya manusia Indonesia (SDM). Manusia sebagai titik sentral pembangunan. Sebab hanya bangsa yang memiliki SDM handal akan mampu mencapai kemajuan.

Bangsa Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun tetap harus mempersiapkan SDM agar mampu sejajar dengan bangsa lain di dunia. Tanpa SDM yang mampu bersaing di era global, sulit mencapai kemajuan seperti harapan bersama.

Haryono Suyono juga menyampaikan upaya mengentas kemiskinan. Program pengentassn kemiskinan dapat dilakukan dengan proses pemberdayaan. Dimulai dengan pemberdayaan keluarga dengan perempuan sebagai subjek sehingga memperbaiki banyak hal.

Pemberdayaan berbasis keluarga memungkinkan upaya pengentasan kemiskinan dapat dipercepat. Perempuan sebagai subjek dan keluarga sebagai titik sentral, pengentasan kemiskinan akan lebih cepat. Selama ini perempuan yang bekerja tidak pernah dihitung sebagai angkatan kerja yang produktif.

Di bagikan akhir perbincangan keduanya membahas pengembangan desa dan transmigrasi. Desa menjadi fokus pembangunan karena sebagian penduduk Indonesia berada di desa, termasuk desa Transmigrasi. (djo)

 

About dwidjo -

Check Also

NKS Menulis Ultah: Kejutan Sekar lewat Angka 5 dan 2

Pagi-pagi, saya dibuat kaget. Dengan sekilas, saya lihat Sekar memberi tatapan yang agak tajam. Tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *