Jelang 2020 Toya Devasya Jadi Favorit Wisatawan China di Bali

Bali, Koranpelita.com

Di tengah menurunnya tingkat kunjungan wisatawan China ke Bali, Toya Devasya Natural Hot Spring di Kintamani, Bangli masih menjadi destinasi wisata favorit yang dikunjungi wisatawan dari Negeri Tirai Bambu itu.

Selama beberapa tahun terakhir, China dikenal sebagai penyumbang wisatawan terbesar ke Bali. Namun, berdasar data terakhir dari Badan Pusat Statistik, jumlah wisatawan China menurun hingga November 2019.

Meski begitu, minat wisatawan China berkunjung ke Toya Devasya Natural Hot Spring masih relatif baik. “Sebesar 80 persen wisatawan yang datang ke Toya Devasya adalah wisatawan asing, di mana 70 persen di antaranya adalah wisatawan asal China. Kami juga mengalami dampak dari penurunan jumlah wisatawan China, namun dapat dikatakan tidak memberi efek yang siknifikan,” kata Putu Astiti Saraswati, CEO Toya Devasya Natural Hot Spring, pada Senin (25/11).

Salah satu faktor yang mempengaruhi terus mengalirnya kunjungan wisatawan China ke Toya Devasya adalah keunikan fitur-fitur wisatanya.

“Fitur wisata yang paling digemari di sini tentu saja pemandian air panas alami yang kami miliki. Turis dari China itu dikenal sebagai wisatawan yang suka dengan aktivitas air. Toya Devasya adalah Hot Spring alami yang terletak di tepi Danau Batur, dan memiliki fasilitas olahraga air yang bisa mengeksplor view danau. Karena itu kunjungan wisatawan China ke destinasi kami masih relatif stabil dibanding destinasi lainnya yang menyasar segmen China,” kata Ketut Mardjana, General Manager Toya Devasya Natural Hot Spring.

Faktor lain yang juga mendukung ramainya kunjungan wisatawan China ke Toya Devasya adalah rekomendasi para Travel Agent yang senantiasa memasukkan Toya Devasya ke dalam daftar kunjungan. Pada industri travel, wisatawan China dikenal sebagai pelancong yang suka bepergian dalam grup besar, dan sangat taat pada agenda tur yang sudah dijadwalkan oleh Travel Agent.

Sebagai apresiasi terhadap kinerja sejumlah Travel Agent yang konsisten membawa wisatawan, khususnya wisatawan China, manajemen Toya Devasya Natural Hot Spring mengundang sejumlah pengurus Travel Agent yang telah berkontribusi pada jumlah kunjungan wisatawan China ke Toya Devasya. Sebagian besar tamu undangan adalah pengurus Travel Agent yang menyasar segmen wisatawan China sebagai pasar utama.

Acara Appreciation Night itu berlangsung pada 23 November 2019, dengan sejumlah rangkaian acara hiburan, makan malam bersama, dan penyerahan hadiah kepada Travel Agent yang dinilai paling berpengaruh dalam membawa wisatawan China ke Toya Devasya. Pada hari yang sama diadakan Fam Trip yang mengundang sejumlah pengurus Travel Agent dari China yang juga telah memberi kontribusi kunjungan wisatawan China. Mereka berkesempatan untuk merasakan langsung pengalaman turistik di Toya Devasya.

Para agen wisata itu mengikuti program sightseeing tour, fun game, dan bermalam di Hiker’s Camp, sebuah unit bisnis yang banyak diminati kelompok-kelompok korporasi, instansi pemerintahan, anak-anak sekolah, dan kelompok-kelompok komunitas. Mereka juga berkesempatan untuk mencoba Water Sport, sebuah wahana permainan yang pertama di Danau Batur, yang memiliki sejumlah fasilitas olahraga air di atas danau. (nie)

About redaksi

Check Also

Review Beragam Kelebihan Xiaomi Poco X3 Pro

Ini dia POCO. Lahir pada 2018 lalu, produk menjanjikan ini mengusung misi ingin memberi performa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *