Pangkoarmada III Dianugerahi Brevet Kehormatan “Manusia Katak”

Sorong,  Koranpelita

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menerima brevet kehormatan “Manusia Katak” yang disematkan langsung oleh Komandan Satuan Pasukan Katak Koarmada III Kolonel Laut (E) Joko Andrianto, S.T., M.Tr. Hanla dalam suatu upacara militer di pantai Klaligi, Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (3/10).

Brevet “Manusia Katak” merupakan tanda kecakapan, keahlian profesionalisme seorang prajurit Matra Laut dalam melaksanakan tugas pokok sesuai fungsi sebagai prajurit peperangan laut khusus (Naval Special Warfare).

Sebelum menerima Brevet “Manusia Katak” Kopaska, Pangkoarmada III telah melalui beberapa tahapan latihan, diantaranya latihan pembebasan kapal yang sedang dikuasai perompak di Pulau Nanah, renang laut menyeberangi Selat Doom sejauh kurang lebih 1.500 meter yang ditempuh selama 36 menit. Latihan tersebut disaksikan Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, Ir Koarmada III Kolonel Laut (T) Sandhy Rodeman Aipassa, S.E., M.M., para Asisten Pangkoarmada III, para Kasatker Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong.

Pangkoarmada III  mengatakan bahwa penyematan brevet kehormatan “Manusia Katak” kepada Perwira Tinggi merupakan salah satu tradisi khusus yang melibatkan seluruh prajurit Kopaska yang ditunjukan kepada penerima brevet kehormatan melalui sebuah upacara tradisi khas, karena dharma bhakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpatik dan moril untuk perkembangan dan kemajuan Kopaska di masa lalu, saat ini dan masa yang akan datang, dengan semboyan “Tan hana Wighna Tan Sirna“ yang artinya adalah “Tidak Ada Rintangan yang tidak dapat diatasi”.

“Penyematan brevet “Manusia Katak” dari Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III, merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan tersendiri bagi saya, karena tidak semua prajurit mendapatkan brevet dengan kualifikasi khusus seperti ini. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, yang telah menjadikan saya selaku Pangkoarmada III sebagai warga kehormatan Pasukan Katak, semoga penghargaan brevet ini dapat lebih memotivasi saya, untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab pembinaan, terhadap Satuan Komando Pasukan Katak sebagai bagian dari Koarmada III dengan lebih baik lagi di masa mendatang, tegasnya.

Seusai penyematan brevet “Manusia Katak” kepada Pangkoarmada III dilanjutkan lari siang bersama yang diikuti seluruh prajurit Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong.

Suasana kekeluargaan dan kebersamaan tercipta setelah dilaksanakan makan siang bersama Pangkoarmada III dengan seluruh prajurit.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Brimob Kalteng Sumbang 150 Paket Makanan untuk Warga

Palangka Raya, Koranpelita.com Satuan Brimob Polda Kalteng Jumat (25/9/2020) menggelar bakti sosial berupa pembagian sumbangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *