Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey ( Jupiter 501 )

The Jupiter Aerobatic Team Akan Full Manuver di Lanud Soewondo 21 Maret Mendatang 

Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara atau yang sering di sebut JAT merupakan salah satu tim aerobatik milik TNI AU dalam bentuk skadron sejak tahun 1996.

Medan, Koranpelita.com- Team JAT kebanggaan Indonesia akan tampil bermanuver penuh di Lanud Soewondo pada tanggal 21 Maret 2019 jam 9:00 WIB dalam rangka bulan dirgantara Indonesia tahun 2019.

Tim aerobatik ini menggunakan call sign ” Jupiter ” sebagai call sign ( panggilan ) para instruktur penerbang TNI AU.

Semua anggota dari Jupiter Aerobatik team ( JAT ) adalah instruktur penerbang. Dan pertunjukan pertama di depan masyarakat umum di lakukan pada tanggal 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan pertunjukan JAT yang kedua di Jakarta pada bulan November 2008.

Awalnya tim ini hanya menggunakan empat pesawat model Hawk MK-53, tim JAT ini sempat vakum beberapa waktu, namun pada tahun 2002 dan mulai muncul kembali pada tahun 2008 dengan pesawat latih KT-1BWoong Bee buatan Korea Selatan berjumlah 8 unit di cat dengan warna merah putih .

Berkaitan dengan pelaksanaan Manuver tersebut, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey ( Jupiter 501 ) ketika di wawancarai yang didampingi oleh Kadiops Mayor Pom Nicolas Sinaga tentang rencana kedatangan JAT ke Lanud Soewondo  ( 19/3), Selasa pagi di sela rutinitasnya mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan ini untuk menyambut bulan dirgantara pada bulan April mendatang, rangkaian kegiatan tersebut sudah kita mulai pada Rabu (20/3) .

“Kebetulan tim aerobatik yang dari Yogyakarta akan ke Langkawi Malaysia dan singgah di Medan.Momentum ini sudah saya  koordinasikan dengan Yogyakarta,” ungkap Danlanud.

Danlanud berharap momentum langka Full Manuver The Jupiterr di atas langit Lanud  Soewondo yang belum  tentu 5 tahun sekali terjadi mendapat antusias warga   masyarakat dan pelajar, karena hal ini merupakan salah satu wujud pembinaan potensi Dirgantara ( binpotdirga ).

“Semoga momen ini dapat menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat Indonesia khususnya bagi para pelajar terhadap kedirgantaraan. Ini  terbuka untuk umum tanpa di pungut biaya, alias gratis,” tegas Jupiter 501.

Dalam rangka memperingati bulan Dirgantara Indonesia 2019, selain menghadirkan manuver The Jupiter, Lanud Soewondo juga menyelenggarakan berbagai kegiatan lainnya seperti lomba fotografi Kedirgantaraan.

Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum, dan akan di nilai oleh juri-juri berpengalaman yang tergabung dalam Pewarta fhoto Indonesia ( PFI ) yaitu Rahmad Suriyadi, ketua PFI Medan.

Berikut syarat dan ketentuan lomba fhoto dirgantara yang akan dilaksanakan diantaranya :

1.peserta merupakan warga negara Indonesia.

2.Fhoto merupakan hasil karya pribadi peserta.

3.Fhoto harus sesuai tema yaitu tentang kedirgantaraan.

4.Fhoto merupakan karya baik 2018-2019.

Untuk keterangan lanjut peserta bisa menghubungi contack person di nomor 081264419294 atas nama Mayor Teddy dan di nomor 081384405611atas nama Mayor Jhoni.

Danlanud juga mengajak serta mengundang masyarakat kota Medan, Sumatera Utara untuk menghadiri momen langka tersebut.

Pada saat bersamaan, Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain static show alutsista Paskhas, demo paramotor, demo aeromodeling dan pemilihan putra putri Dirgantara.(ay)

 

 

About ahmad yani

Check Also

Warga Mulai Manfaatkan Jembatan TMMD Angkut Hasil Kebun

Sampit, Koran Pelita.com Setelah selesainya rehab tiga buah jembatan oleh Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *