Panglima TNI Beserta Menko PMK dan Kapolri Tinjau Kesiapan Pelayanan Mudik di Tol Kalikangkung

Semarang,koranpelita com –Panglima TNI Jenderal TNI H Agus Subiyanto, SE yang didampingi Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Msi bersama Menko Bidang Manusia dan Kebudayaan ( PMK) Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP dan Forkopimda Jateng meninjau Gerbang Tol Kalikangkung untuk memastikan kesiapan pengamanan dan pelayanan arus mudik-balik Lebaran 2024. Rabu (3/4/2024).

Dalam peninjauan tersebut, Panglima TNI beserta rombongan mengecek langsung sarana maupun pra-sarana dan kesiapan personel, dalam mewujudkan mudik yang aman dan nyaman. Dimana sebelumnya telah dilakukan secara serentak Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2024 di seluruh jajaran yang terpusat di Lapangan Silang Monas, Jakarta.

Panglima TNI menyebutkan, selain memperbantukan personel TNI, jajaran TNI baik dari Matra Darat, Laut maupun Udara juga telah menyiapkan materiilnya berupa alat angkut yang akan diterjunkan, untuk membantu mengantisipasi segala kendala yang mungkin terjadi selama arus mudik.

“Pada intinya TNI siap secara personel dan alat angkut untuk membantu Polri didalam kesiapan arus mudik,” terang Panglima TNI.

Kapolri Listyo Sigit memaparkan, pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat yang telah dilaksanakan merupakan awal ditandainya operasi mudik. Dimana sebelumnya telah dilakukan peninjauan secara langsung di lapangan yakni di Pelabuhan Merak.

Berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan 56 persen. Beberapa langkah akan dilakukan guna mengurai kemacetan diantaranya, dengan adanya penambahan pintu exit tol serta penambahan petugas pelayanan pembayaran e-toll yang juga ditugaskan untuk menginformasikan jalur alternatif yang bisa digunakan terkait beberapa wilayah yang rawan banjir apabila hujan.

“Ini bisa diinformasikan kepada masyarakat, sehingga jalur-jalur alternatif tersebut bisa menjadi pilihan pada saat cuaca hujan, ”ungkapnya.

Kendati demikian, untuk mengurangi angka Laka Lantas, Kapolri menghimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk sampai tujuan dengan cepat, melainkan beristirahat sejenak dengan memanfaatkan rest area yang telah disiapkan secara bijak dan maksimal.

“Hindari istirahat di bahu jalan karena ini sangat berbahaya dan biasanya banyak terjadi Laka Lantas karena ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan,” terangnya.

‘ Temasuk bagi masyarakat yang telah dapat melaksanakan mudik, kiranya mendahului dan jangan menunggu di puncak hari,” tambahnya

Panglima TNI dan Kapolri, Menko PMK mengucapkan terimakasih kepada Kapolda, Gubernur dan Pangdam yang telah menyiapkan kesiapan mudik tahun 2024 di wilayah Jawa Tengah dengan sebaik-baiknya.

“Jawa Tengah ini adalah tumpuan mudik, apabila penanganan mudik di Jawa Tengah ini terlaksana dengan baik, maka kemungkinan 50 persen urusan mudik akan sukses,” ujar Menko PMK.

Usai meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, rombongan bertolak ke Makodam IV/Diponegoro untuk melaksanakan buka bersama, sekaligus memberikan tali asih kepada para anak Yatim.

Turut mendampingi rangkaian kegiatan para Menteri terkait, PJU TNI-Polri, Pj. Gubernur Jawa Tengah Komjen. Pol. Drs. Nana Sudjana, M.M., Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., dan Forkopimda Jawa Tengah.(sup)

About koran pelita

Check Also

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi (tengah) bersama UPPD Samsat Batulicin di Expo Tanah Bumbu

Paman Yani Apresiasi Aksi “Jemput Bola” UPPD Samsat Batulicin di Expo Tanah Bumbu Yang Mudahkan Kejar Target Tahunan

Tanah Bumbu, Koranpelita.com Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi mengapresiasi partisipasi UPPD …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca