Tekan Harga Beras, Pemprov Jateng Akan Tingkatkan Gerakan Pasar Murah

Semarang,koranpelita.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan meningkatkan program gerakan pasar murah (GPM) guna menurunkan harga beras di wilayahnya.

“Kita ketahui bahwa harga beras memang sedang naik. Langkah-langkah (penanganan) terus kita lakukan, termasuk koordinasi dengan Bulog,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat ditemui di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kamis, 22 Februari 2024.

Nana menjelaskan, saat ini pemerintah pusat juga sudah menginstruksikan kepada Bulog agar segera menggelontorkan stok beras ke pasar. Langkah itu dinilai sangat membantu untuk menekan harga beras di pasar.

” Dalam program gerakan pasar murah, Pemprov Jateng akan menggulirkan sebanyak 70 kali pada 2024. Bahkan sejak awal tahun sudah dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Tengah,” ujarnya.

Meski begitu, tujuan pasar murah ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan beras dengan harga murah. Selain itu, juga untuk menstabilkan inflasi di Jawa Tengah yang pada Januari 2024 lalu berada pada angka 2,69 persen.

“Dari awal (tahun) sudah kita lakukan untuk menstabilkan harga dan inflasi. Ini akan kami tingkatkan kembali untuk gerakan pasar murah,” paparnya.

Selain gerakan pasar murah, pendampingan juga terus dilakukan kepada para petani. Dengan begitu, kenaikkan harga beras lambat laun akan dapat diatasi saat musim panen padi tiba.

“Masuk musim penghujan percepatan tanam dilakukan. Saat ini sudah mendekati masa panen, bahkan sudah ada yang panen. Insyaallah kalau nanti sudah banyak yang panen, harga beras akan turun kembali. Itu langkah yang kami lakukan,” pungkasnya. (sup)

About koran pelita

Check Also

Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai

Jakarta, Koranpelita.com Terus dorong penerapan transaksi non tunai di DKI Jakarta, Bank DKI  gandeng komunitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca