Menteri PUPR Tutup Tanggul Jebol Penyebab Banjir di Pondok Gede

Bekasi, KoranPelita.com

Ratusan warga di Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, Jabar, tergenang banjir besar karena tanggul dideketnya jebol sepanjang 60 meter.
Sejumlah perumahan lain juga dilanda banjir hingga beberapa hari.

Penyebabnya, saluran tidak mampu menampung air karena hujan cukup deras. Bahkan, Perumahan Pondok Hijau Permai, Rawalumbu, sudah sekitar 10 tahun selalu kebanjiran . Polder yang dibuat Pemkot Bekasi tidak mampu antisipasi air jika hujan. Sebab, polder dibuat di lokasi atas perumahan itu sehingga bagian bawah Deket jalan raya selalu banjir jika hujan cukup lebat.
Melihat kondisi prihatin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau tanggul jebol di Pondok Gede.
Seketika itu, menyiapkan penanganan darurat khususnya penanganan darurat banjir di Perumahan Pondok Gede Permai, dengan menutup tanggul.
Kementerian PUPR akan menutup tanggul jebol sepanjang 60 meter dengan geobag yang diperkirakan sebanyak 700 buah.

Menteri Basuki bersama rombongan juga meninjau lokasi Polder Kalimati untuk memastikan pompa bekerja dan mampu mengurangi dampak banjir .
“Dalam satu tahun ini Kementerian PUPR tangani secara sistem sungai/kali Bekasi mulai dari pertemuan Sungai Cikeas dan Cileungsi sampai ke muara Sungai Bekasi,” jelasnya.

Salah satu paketnya sudah terkontrak dan mulai dilaksanakan bulan ini. “Normalisasi kali sepanjang 33 km, dipecah jadi 7 paket,” ujarnya.(oto)

 

.

About dwidjo -

Check Also

Orami Bantu Para Ibu Lewat Digital Parenting di Masa Pandemi

Jakarta,Koranpelita.com Orami, sebuah platform parenting yang dikenal lewat e-commerce produk Ibu & Bayi serta layanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *