Ketua SMSI Imbau Wartawan Barsel Ikut Serta Sukseskan Pilkada

Buntok, Koranpelita.com

Kelancaran dan keamanan wilayah sepanjang perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kalimantan Tengah (Kalteng) turut menjadi tanggung jawab insan pers.

Hal itu disampaikan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalteng yang juga Ketua Dewan Kehormatan Daerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) H Sutransyah saat memberikan paparan pada kegiatan Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media Massa yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), di Buntok, Sabtu (31/10/2020).

Tahun 2020 Kalteng memiliki dua agenda Pilkada. Pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati Kotawaringin Timur, ujar Sutransyah di hadapan sekitar 50 peserta kegiatan yang sebagian merupakan jurnalis Kabuaten Barsel.

Sutransyah melanjutkan, mengingat pentingnya peran Pilkada itu, pers sebagai salah satu dari empat pilar demokrasi di negeri ini turut berkewajiban menyukseskan pelaksanaannya melalui pemberitaan.

Pada momen ini, terdapat empat hal utama yang harus dijalankan para wartawan dalam pemberitaan menyangkut Pilkada ini. Pertama, taat pada undanag undang dan kode etik dalam pemberitaan.

Kedua, wartawan bersangkutan harus menjaga indenpendensinya alias tidak memihak salah satu calon yang berkompetisi di Pilkada.

Ketiga, wartawan harus bisa memilah informasi sehingga tidak terjerumus memberitakan kampanye hitam yang dibuat untuk mendiskreditkan salah satu kandidat.

Keempat, wartawan harus selalu menguji kebenaran suatu informasi sehingga tidak ikut serta menyebarkan berita bohong alias hoaks.

Terakhir, karena Pilkada tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan pandemi Covid-19, maka dalam menjalankan aktivitas jurnalistiknya para wartawan diharapkan dapat menjadi teladan dalam penerapan protokol kesehatan, tandasnya.

Kegiatan ini sendiri dibuka Ketua Bawaslu Barsel Nur Chamzah. Selain Ketua SMSI Provinsi Kalteng, paparan juga disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres barsel dengan materi menyangkut kamtibmas wilayah. (SAR)

About dwidjo -

Check Also

Persediaan Darah di UDD PMI Kotim Cukup, Pasien Thalasemia Senang

Sampit, Koranpelita.com. Persediaan darah di Unit Donor Darah ( UDD) PMI Cabang Kabupaten Kotawaringin Timur( …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *