KAI Daop 4 Tambah Perjalanan Kereta Api

Semarang,Koranpelita.com

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang menambah perjalanan kereta api, yang melayani pelanggan ke arah Jakarta untuk menyambut libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober. Penambahan perjalanan KA Menoreh pada tanggal 27 Oktober dan KA Argo Muria tanggal 1 November ini, untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan pada masa libur long weekend tersebut.

“Pada masa libur panjang akhir pekan nanti, PT KAI siap melayani pelanggan dengan menambah perjalanan KA, dengan begitu akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat,” ungkap Krisbiyantoro Kahumas PT KAI Daop 4 Semarang dalam releasnya, Senin (26/10/2020).

Dia menjelaskan, jumlah perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang melintasi Daop 4 Semarang sebanyak 27 perjalanan KA di tambah 4 perjalanan KA produk Daop 4 Semarang, sehingga total perjalanan KA Jarak Jauh 31 perjalanan KA. Namun Ada beberapa KA yang pengaturan pola operasinya dijalankan pada hari hari tertentu.

“KA favorit yang dapat dipesan di masa Long Weekend nanti diantaranya, KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi – Gambir PP, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen PP, dan berbagai KA lainnya.
Peningkatan jumlah perjalanan KA ini secara otomatis menambah jumlah tempat duduk yang KAI sediakan,” ujarnya.

Terkait jumlah duduk, Krisbiyantoro menjelaskan, jumlah tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari, yaitu tanggal 27 sebanyak 17.641 tempat duduk. Tanggal 28 sebanyak 14.879 tempat duduk. tanggal 29 sebanyak 13.409 tempat duduk. tanggal 30 sebanyak 15.478 tempat duduk.
tanggal 31 sebanyak 16.473 tempat duduk. tanggal 1 November 15.391 tempat duduk.

“Tiket KA Long Weekend libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober, sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.”

Selain itu, lanjutnya, dapatkan Railpoint dari setiap pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial, dengan melakukan registrasi pada aplikasi KAI Access versi terbaru. Hanya dengan melakukan transaksi tiket KA di aplikasi KAI Access, pelanggan dapat langsung memesan Taksi Bluebird untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun kedatangan ke tujuan akhir secara praktis.

“Untuk informasi terkait perjalanan KA pada masa Long Weekend selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, dan media sosial KAI 121.”

KAI, tambah dia, hingga kini tetap mengedepankan protokol kesehatan pada libur Long Weekend, seperti pelanggan diharuskan dalam kondisi sehat dan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Guna menjaga jarak selama perjalanan, KAI juga hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

“Sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam menerapkan protokol kesehatan, KAI menyediakan layanan rapid test di 30 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau. Penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar.”(sup)

About dwidjo -

Check Also

Bali Siap Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum 2021

Bali, Koranpelita.com Industri Pariwisata berkembang sangat cepat di dunia. Sebagai platform internasional, Global Tourism Forum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *