Mengenal Lebih Dalam Manfaat Zeolit Alam

Oleh Reliana Romaito Sitinjak

*Penulis, Mahasiswa jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satu sumber daya mineral yang mempunyai kelimpahan cukup besar yaitu zeolit alam. Zeolit alam adalah mineral hasil tambang yang bersifat lunak dan mudah kering. Zeolit didefinisikan sebagai kristal alumina silika berstruktur tiga dimensi, yang terbentuk dari tetrahedral alumina dan silika dengan rongga-rongga di dalam yang berisi ion-ion logam, biasanya alkali atau alkali tanah dan molekul air dapat bergerak bebas. Zeolit ini terdapat dalam alam dan juga hasil sintesis di laboratorium maupun industri. Hingga saat ini, telah ditemukan 40 jenis zeolit alam dan lebih dari 140 jenis zeolit sintetis.

Secara kimia zeolit dapat dinyatakan dengan rumus empiris M2/nO.Al2O3.ySiO2.wH2O, dimana y adalah 2 atau lebih besar, n adalah valensi kation, dan w melambangkan air yang terkandung di dalam pori-porinya. Potensi zeolit alam di Indonesia sangat besar karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari gunung berapi yang merupakan sumber mineral zeolit. Zeolit alam merupakan material mikropori, sehingga memiliki luas permukaan yang cukup besar yang dapat dimanfaatkan dalam pemurnian minyak dan industri petrokimia, pemisahan gas, zeolit alam juga mampu dimanfatkan sebagai adsorben limbah
pencemar dari beberapa industri. Zeolit mampu menjerap berbagai macam logam, antara lain Ni, Np, Pb, U, Zn, Ba, Ca, Mg, Sr, Cd, Cu dan Hg. Selain itu, Zeolit alam merupakan mineral yang mempunyai sifat sebagai penjerap yaitu mampu menjerap ion-ion logam penyebab kesadahan air.

Zeolit alam dapat digunakan sebagai metal support catalyst yaitu katalis pengemban logam. Pengembanan logam-logam tersebut pada zeolit akan mendistribusikannya secara merata pada permukaan pengemban, sehingga menambah luas permukaan spesifik sistem katalis secara keseluruhan. Disamping itu, zeolit juga banyak dimanfaatkan sebagai sebagai katalis yang hanya mempengaruhi laju reaksi tanpa mempengaruhi kesetimbangan reaksi karena mampu menaikkan perbedaan lintasan molekular dari reaksi. Katalis berpori dengan pori-pori sangat kecil akan memuat molekul-molekul kecil tetapi mencegah molekul besar masuk. Selektivitas molekuler tersebut disebut molecular sieve yang terdapat dalam substansi zeolit alam.

Dengan demikian, zeolit alam merupakan sumber daya yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin mengingat banyaknya manfaat dari zeolit yang berguna untuk mendukung ilmu pengetahuan berkelanjutan di Indonesia. Selain karena manfaat yang dimiliki zeolit alam, potensi zeolit juga banyak dan mudah ditemukan mengingat negara Indonesia yang merupakan negara yang memiliki banyak gunung berapi. Jadi, potensi alam yang dimiliki haruslah dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan sebaik mungkin.

 

About redaksi

Check Also

Sambut Milad ke-34, UMPR Gelar Vaksinasi

Palangka Raya, Koranpelita.com Dalam rangka menyambut milad atau hari jadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) ke-34 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *