Tim Mahasiswa FMIPA Mewakili UPR di LKTI Tingkat Nasional

Palangka Raya, Koranpelita.com

Universitas Palangka Raya kesekian kalinya mencetak prestasi. Tiga tim dari Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil menjadi salah satu finalis diantara 15 finalis lomba karya tulis ilmiah nasional.

Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset Universitas Jenderal Soedirman (the 9th Soedirman Science Competition 2020( the 19th SSC 2020)). Tiga tim UPR ini dibimbing oleh Dosen Jurusan Kimia Rendy Muhammad Iqbal.S.Si,M.Si dan Dosen Jurusan Fisika Neny Kurniawati, S.Si,M.Si serta Budi Haryono,M.Si.

Tiga tim ini masing-masing diketuai oleh Agus Lasono,Lady Margaret Panggabean, dan Robertus H.Jehadu.

Lomba Karya Tulis Ilmiah nasional Universitas Soedirman 2020 (the 19th SSC 2020) akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 September ini.

Dari berbagai Universitas Atau Institusi se-Indonesia berlomba-lomba mengirimkan karya tulisnya dan berhasil 15 tim yang lolos menjadi finalis berasal dari berbagai perguruan tinggi yang terdiri atas Universitas Palangka Raya, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanudin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jember, Universitas Sriwijaya, Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran” Yogyakarta,  Universitas Negeri Malang, dan Universitas Jenderal Soedirman.

Walaupun Indonesia sedang terkendala akibat pandemik Corona Virus 19(Covid-19) yang terjadi saat ini apalagi di Dunia Pendidikan,para mahasiwa/i masih dapat produktif dengan mengikuti berbagai lomba. Salah satunya, lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselanggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman dalam rangka the 9th SSC 2020 akan dilakukan secara online (Daring).

Mekanisme lomba ini sendiri dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap presentasi dimana para finalis akan membuat video presentasi yang dikirim memlalui google drive yang berdurasi 10 menit dan PPT kemudian tahap sesi Tanya jawab.

Secara keseluruhan yang lolos ke babak final, lomba karya tulis ilmiah nasional Universitas Jenderal Soedirman 2020(the 19th SSC 2020) ini diikuti oleh beberapa perguruan tinggi se-Indonesia dan tiga tim Universitas Palangka Raya berhasil lolos menjadi finalis.

Ketiga tim ini melaju ke babak final dengan membawa masing-masing karya tulis ilmiah yang mengusung judul “Sintesis Adsorben Cu/Karbon Aktif Sebagai Material Penyimpan Gas H2” ,”Pemanfaatan Sumber Daya Alam Lokal Batu Besi dan Cangkang Biji Karet menjadi Nanokomposit Fe3O4/rGO sebagai Elektroda Superkapasitor” dan “Sistem Deteksi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut di Kalimantan Tengah menggunakan Sensor Gas CO,CO2,dan Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroller”.

Melalui ketiga karya tulis ini, diharapkan mampu mengangkat nilai sumber daya alam di Kalimantan Tengah, sehingga dapat menjadi titik awal peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal baik dari segi ekonomi, sosial, hingga pendidikan. (RAG)

About redaksi

Check Also

Mahasiswa Magister Hukum USM KKL di Universitas Malaya Malaysia

SEMARANG,KORANPELITA – Mahasiswa Magister Hukum Angkatan XVII Universitas Semarang (USM) melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca