Ziarah Rombongan Hari Bakti Ke-73 Angkatan Udara di TMP Cendrawasih Biak

Biak,  Koranpelita.com

Pangkoopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. bertindak selaku Inspektur Upacara ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Bakti Angkatan Udara ke-73 di Taman Makam Pahlawan Nasional Cendrawasih Biak, Selasa (28/7). Kegiatan ziarah ini diikuti oleh satuan-satuan TNI AU yang berada di wilayah biak antara lain prajurit Makoopsau III, Kosekhanudnas IV, Lanud MAnuhua, Yonko 468 Paskhas dan Satrad 242 Tanjung Warari, Anggota PIA Ardhya Garini dan anggota IKK.

Diantara sederetan makam Pahlawan di TMP Cendrawasih ini, terdapat makam prajurit Angkatan Udara Letkol Pnb (Anumerta) Marlon A Kaweng, yang lebih kerap di sapa “Kaweng”, merupakan putra kelahiran asli Biak. Letkol Pnb (Anumerta) Marlon A Kaweng 34 tahun, semasa hidupnya tergabung di skadron Udara 32 Lanud Abdul Rahman Saleh Malang sebagai penerbang pesawat C-130 Hercules.

Selain itu Letkol Pnb (Anumerta) Marlon, adalah pilot sekaligus instruktur penerbang pesawat angkut Hercules A-1334 yang jatuh di sekitar Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua pada tanggal 18 Desember 2016 silam.

Usai pelaksanan ziarah di makam Pahlawan Cendrawasih, Pangkoopsau III beserta rombongan juga berziarah ke makam pahlawan Papua Frans Kaisiepo yang berlokasi berseberangan jalan dengan TMP Cendrawasih. Nama Frans Kaisiepo kini diabadikan sebagai nama Bandara Internasional Biak, beliau merupakan salah satu pejuang dari tanah Papua dilahirkan pada 10 Oktober 1921 di Wardo, Biak.

Turut hadir dalam ziarah rombongan ini Kas Koopsau III Marsma TNI Erwin Buana Utama, Pangkosekhanudnas IV Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Danlanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi, serta para Pejabat, perwira, Bintara dan Tamtama yang ada di wilayah Kabupaten Biak. (ay)

About ahmad yani

Check Also

Pospam Mako Polsek Kebon Jeruk Antisipasi Ancaman Teroris dan Kerawanan Lainnya

Jakarta,  Koranpelita.com Pospam Mako Kebon Jeruk mengintensifkan pengamanan dalam rangka mengantisipasi ancaman teroris dan kerawanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *