UMP Sediakan Tiga Beasiswa Internal

Palangka Raya, Koranpelita.com

Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) secara mandiri memberikan tiga program beasiswa untuk membantu masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Rektor UMP Dr Sonedi MPd, kepada wartawan, Senin (27/7/2020), mengatakan, pihaknya menyadari kesulitan yang dihadapi masyarakat untuk menguliahkan putra-putri mereka di perguruan tinggi.

Ada banyak orangtua yang sebenarnya ingin memasukkan anaknya kuliah. Tetapi, akibat pandemi Covid-19 kemampuan ekonomi mereka menurun sehingga rencana itu tertahan. Kita ingin semangat berkuliah itu tetap ada, dan kita bantu ringankan biayanya dengan memberikan beasiswa khusus dari UMP, sebut Sonedi.

Program beasiswa internal untuk mahasiswa baru UMP itu, pertama Beasiswa Prestasi. Para calon mahasiswa yang saat mengenyam pendidikan sebelumnya memiliki prestasi dapat mengajukan diri untuk menjadi penerima beasiswa ini.

Kedua, program Beasiswa Hafidz. Beasiswa ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang menguasai hapalan Alquran, minimal tiga juz.

Ketiga, program Beasiswa Dhuafa. Sesuai namanya, program ini akan diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu. Dalam pengajuannya, calon mahasiswa melampirkan surat keterangan dari pihak terkait di lingkungan tempat tinggalnya.

Diungkapkan Sonedi, bentuk beasiswa yang mereka terima nantinya adalah pemotongan biaya kuliah (SPP) dan lainnya sesuai ketentuan Rektorat.

Wakil Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng itu menambahkan, selain beasiswa internal, UMP juga telah menggulirkan program beasiswa dari pemerintah. Di antaranya, prorgam beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Program Beasiswa bantuan sosial (Bansos), dan yang sedang diproses beasiswa program bantuan sosial Bank Indonesia (BI). (SUT)

About dwidjo -

Check Also

Kolaborasi Internasional Percepat Kualitas Perguruan Tinggi Indonesia dengan Belanda

Jakarta,Koranpelita.com Kolaborasi internasional menjadi prioritas untuk mempercepat kualitas perguruan tinggi Indonesia melalui kerjasama internasional terutama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *