Penyediaan Air Irigasi Kunci Pengembangan Food Estate

Jakarta, Koranpelita.com

Penyediaan air irigasi merupakan kunci pengembangan food estate (pusat pengembangan tanaman) terumata di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) .
Di wilayah ini ada lahan potensial seluas 165.000 hektar merupakan kawasan alubial bukan kawasan gambut.

“Kuncinya ada pada ketersediaan air untuk irigasi, baru diikuti dengan teknologi pertaniannya,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Kamis (9/7) sepulang dari kunker ke Kalimantan.

Pihaknya bertempat dan memfokuskan pada lahan yang sudah ada jaringan irigasinya. “Kita lihat jaringan irigasinya sudah intensif di masing-masing blok sawah, namun ada yang tidak terpelihara sehingga itu yang akan diperbaiki dan perlu dilakukan pembersihan (land clearing) saja,” ujarnya,

Jadi, lanjutnya, tidak perlu dilakukan cetak sawah kembali dan tidak akan menyentuh lahan gambut dan hutan.
Dikatakan Menteri Basuki, dengan merevitalisasi daerah irigas di Kabupaten Pulang Pisau, di Kalteng, dan merevutalisasi areal sawah yang sudah ada, maka biaya yang dibutuhkan juga akan lebih murah dibandingkan dengan harus mencetak sawah baru.

“Biaya membuka sawah baru rata-rata satu hektar sekitar Rp30 juta. Dan biaya rehab sawah satunhekatr hanya sekitar Rp9 juta,” jelasnya.

Kalteng, kata Menteri Basuki, dipilih sebagai kawasan food estate atau pusat pengembangan tanaman pangan karena dinilai sudah memiliki jaringan irigasi, petani, hingga sistem pendukung produksi pertanian yang baik.
Ditegaskan visii food estate adalah pengembangan sistem pertanian yang modern (modern agriculture system) sehingga nantinya tidak hanya dimanfaatkan saat produksi tetapi juga pasca produksi.

Pengembangan program food estate ini akan dilakukan bersama Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan dan juga Kementerian BUMN untuk skema investasi. (oto)

About dwidjo -

Check Also

PT Pelindo III dan PT KAI, Optimalkan Aset Lama Dengan Cara Baru

Jakarta,Koranpelita.com PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan penandatanganan Nota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *