Kasus Positif Covid Semarang Raya Melonjak

Semarang,Koranpelita.com

Banyaknya kasus covid-19 terus bertambah di Semarang raya membuat sejumlah rumah sakit kawatir. Bahkan peningkatan kasus yang terjadi, membuat ruang ICU yang tersedia tidak mencukupi untuk menampung pasien, ditambah pasien lain yang juga cukup besar menggunakan ruang gawat darurat itu.

Hal itu diungkapkan sejumlah pengelola rumah sakit rujukan covid-19 yang digelar di Gedung A lantai 2 Kantor Gubernur Jateng, Selasa (7/7). Rapat dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Dengan jumlah pasien covid-19 yang tinggi, kami khawatir ruang ICU tidak mencukupi. Sekarang saja di rumah sakit kami, ada pasien yang tidak kebagian ruang ICU. Padahal, selain pasien covid-19, kami juga melayani pasien umum lainnya,” kata Mukhlis, salah satu pengelola rumah sakit Kariadi Semarang.

Hal senada disampaikan pengelola rumah sakit lainnya. Mereka meminta agar ada solusi untuk menanani persoalan ini, karena dikhawatirkan pelayanan di ICU akan terganggu.

Setelah dibahas cukup panjang, ada dua solusi yang ditawarkan Ganjar. Pertama, pihaknya, menawarkan adanya rumah sakit khusus covid-19, yakni Rumah Sakit Bung Karno Surakarta.

“Atau saya usul, rumah sakit di Semarang Raya ini melakukan arisan ruang ICU. Caranya bagaimana, masing-masing rumah sakit bisa menambah satu atau dua ruang ICU untuk menangani ini,” kata Ganjar.

Menurutnya, solusi ini yang paling memungkinkan untuk dilaksanakan khususnya di rumah sakit seluruh daerah di Semarang Raya. Untuk itu, dirinya meminta seluruh rumah sakit rujukan covid-19 di Semarang Raya segera merealisasikan solusi itu.

“Daripada satu rumah sakit membuat khusus, kan fasilitasnya besar. Ya sudah nambah saja, rumah sakit ini tambah satu, yang lain tambah dua atau tiga dan seterusnya. Kalau semua melakukan khususnya yang di Semarang Raya ini, maka ruang ICU nya jadi tambah banyak,” tegasnya.(sup)

About dwidjo -

Check Also

Mappilu-PWI dan Bawaslu Teken Kerja Sama Pengawasan Partisipatif

Semarang,Koranpelita.com Sebagai lembaga yang dibentuk pememerintah, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jateng merasa perlu melibatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *