KAL Rajegwesi II-5-40 Resmi Bergabung Dijajaran Lanal Banyuwangi

Banyuwangi,  Koranpelita.com

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono, S.E., M.Tr. Hanla., menyambut kedatangan KAL Rajegwesi II-5-40 disaksikan unsur Forkopimda Banyuwangi diantaranya Kapolresta Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin dan Komandan Kodim 0825 Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto serta instansi dan stakeholder terkait di dermaga Lanal Banyuwangi, Kamis (18/6).

Kedatangan KAL Rajegwesi yang nantinya memperkuat Lanal Banyuwangi dalam bertugas mengamankan wilayah laut itu memiliki spesifikasi panjang 28,98 meter, lebar 6,2 meter, dengan berat 90 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, kecepatan jelajah 18 knots dan juga dilengkapi persenjataan Senapan Mesin Berat (SMB) dengan kaliber 20 mm dan 12,7 mm.

“Kami bersyukur pimpinan TNI AL mempercayakan tambahan alutsista berupa KAL Rajegwesi ini kepada Lanal Banyuwangi. Dengan adanya KAL Rajegwesi ini akan mendukung Lanal Banyuwangi dalam bertugas mengamankan wilayah laut yang menjadi teritori kami. Yakni mulai Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi hingga perairan Jember,” terang Danlanal Banyuwangi.

Nama Rajegwesi sendiri diambil dari nama salah satu pantai yang ada di kawasan pesisir selatan Banyuwangi. Rajegwesi dahulu merupakan salah satu lokasi kekuatan pertahanan laut tentara Jepang yang diambil dari bahasa Jawa.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Pemkab turut bangga dengan hadirnya KAL Rajegwesi yang menjadi armada baru di Lanal Banyuwangi. Dirinya berharap armada baru ini akan menambah kekuatan dan kesiapsiagaan Lanal Banyuwangi dalam mengantisipasi keamanan di perairan Banyuwangi.

“Kami turut bangga dengan adanya KAL Rajegwesi ini. Semoga kapal ini dapat menjalankan fungsinya guna mendukung keamanan daerah dengan optimal,” kata Bupati Anas.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Sertijab di Kodikmar Wujud Regenerasi Kepemimpinan

Surabaya,  koranpelita.com “Serah terima jabatan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas organisasi dan regenerasi kepemimpinan sehingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca