Danlantamal XIII Tarakan, Pimpin Sertijab Danlanal Banjarmasin

Banjarmasin, Koranpelita.com

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin resmi diserahterimakan dari Kolonel Laut (P) Wijayanto kepada Kolonel Laut (P) Sandharianto.

Serah terima jabatan (Sertijab) dipimpin Komandan Lantamal (Danlantamal) XIII Tarakan Laksma TNI Judijanto, di Mako Lanal Jalan A Yani Km 4 Banjarmasin, Rabu (2/10/2019) pagi tadi.

Untuk Danlanal Banjarmasin yang baru, Laksma TNI Judijanto berharap
ada suatu inovasi dalam menghadapi perkembangan maritim yang sangat dinamis.

Terlebih menurut dia, ibukota negara akan pindah ke Kalimantan, sehingga Lantamal XIII Tarakan yang membawahi sejumlah Lanal sudah melakukan reorganisasi dan revitalisasi guna mengantisipasi dinamika tantangan yang semakin kompleks ke depannya.

“Saya sangat apresiasi Kolonel Laut (P) Wijayanto yang sudah melakukan yang terbaik di sini. Sebaliknya saya juga yakin Kolonel Laut (P) Sandharianto dapat meningkatkan kinerja yang sudah baik ini” kata Laksma TNI Judijanto.

Sisi lain dia mengingatkan,
potensi kerawanan maritim di perairan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalsel-teng) merupakan tanggung jawab Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin.

Konflik antar nelayan seperti penggunaan bom ikan dan kehadiran nelayan cantrang dari daerah lain perlu diantisipasi, hingga keselamatan pelayaran pun harus pula jadi fokus perhatian karena kerap terjadi laka air.

Dinamika perkembangan maritim di perairan Kalsel-teng menurutnya sangat pesat. Terutama untuk sektor pertambangan yang memicu peningkatan jumlah tongkang hilir mudik di perairan Sungai Barito.

“Potensi perkembangan sektor ekonomi ini jangan sampai memicu timbulnya ilegal BBM dari kapal-kapal yang bergiat di sini. Saya sudah perintahkan Danlanal untuk mengantisipasinya dengan terus menjalin komunikasi dan sinergi semua unsur aparat terkait,” tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan, saat ini TNI tak lagi menghadapi 3 atau 4 dimensi, tapi 5 yaitu angkasa, udara, darat, laut dan siber. Sehingga membutuhkan suatu peningkatan kemampuan dari sebuah pangkalan untuk bisa mengantisipasinya.

Mantan Danlanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Wijayanto yang akan bertugas sebagai Asisten Perencanaan Lantamal X Jayapura, menyampaikan terima kasih atas bimbingan Danlantamal semasa dirinya mengomando Lanal Banjarmasin selama 1 tahun 10 bulan.

Dihadapan undangan yang hadir, diantaranya, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, serta Forum Pimpinan Daerah, diapun memohon restu dan meminta maaf.
“Saya mohon maaf apabila ada tingkah serta perilaku kurang berkenan kepada seluruh komponen masyarakat di Kalsel dan Kalteng” kata dia.

Sedangkan Kolonel Laut (P)
Sandharianto berjanji melanjutkan program yang sudah baik dari pendahulunya, sembari berupaya meningkatkan kinerja sebagai wujud eksistensi Lanal Banjarmasin dalam pelaksanaan tugas pokoknya.

Yaitu, mendukung kegiatan militer Angkatan Laut serta membantu pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas keamanan guna mendukung roda perekonomian khususnya di sektor maritim.

“Komunikasi Pak Wijayanto dengan pemerintah daerah dan unsur Forkopimda di sini saya lihat sangat baik dan harmonis. Mudah-mudahan saya bisa mempertahankannya.
Saya mohon doa restu sebagai warga baru semoga dapat diterima di Bumi Lambung Mangkurat,” pintanya. (Ipik)

About dwidjo -

Check Also

Hadapi Pandemi Covid-19, Libatkan Anak dalam Penyusunan Kebijakan

Jakarta, Koranpelita.com Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengungkapkan di masa pandemi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *