Siswa Dikspespa Kodiklatal Laksanakan Uji Sosiometri

Surabaya,  Koranpelita

Sebanyak 130 siswa Pendidikan Spesialis Perwira (Dikspespa) yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Penndidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) melaksanakan Uji Sosiometri yang dilaksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Adapun ke 130 siswa Dikspespa tersebut terdiri Dikspespa Teknik, Dikspespa elektro, Dikspespa Informatika, Dikspespa Suplai, Dikspespa Personil, Dikspespa Kesehatan, Dikspespa pendidikan dan Dikspespa Polisi Militer. Uji Sosiometri ini dipimpin langsung Paban VI Spersal Kolonel Laut (P) IG. Putu Aswan.

Paban VI Spersal Kolonel Laut (P) IG. Putu Aswan dalam paparan sebelum pelaksanaan uji sosiometri mengatakan bahwa salah satu keberhasilan kepemimpinan adalah diterimanya pemimpin pada lingkungan sosial yang dipimpinnya, sehingga dengan uji sosiometri ini diharapkan diperoleh data perwira yang mendapatkan pengakuan dari lingkungan sosialnya.

Menurutnya dengan uji sosiometri ini diharapkan didapatkan data Perwira yang mendapatkan pengakuan dari lingkungan sosialnya. Dan dengan keseriusan para peserta uji sosiometri, diharapkan bisa membentuk Jaring Kepercayaan Kepemimpinan antar personel baik yang memilih maupun yang dipilih serta akan dikaitkan satu sama lain.

Disampaikan pula bahwa dalam pengujian tersebut akan menghasilkan sekumpulan data terkait pola dan struktur hubungan sosial antar personel dalam suatu kelompok. Para peserta uji sosiometri harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim penguji dalam lembar jawaban, misalnya pertanyaan yang harus dijawab peserta ujian antara lain siapa saja personel yang dipercaya dapat dijadikan rekan kerja yang baik dalam menyelesaikan tugas dalam suatu penugasan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Wadan Kodiklatal Buka Taklimat Awal Wasrik Itjen Kemhan Tahun 2020

Surabaya,  Koranpelita.com Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Wadan Kodiklatal) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *