PKS Buka Layanan Rumah Oksigen Khusus Anak

Palangka Raya, Koranpelita.com

Masih pekatnya kabut asap di Kota Palangka Raya mendorong Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengoperasikan fasilitas Wahana Bermain Rumah Oksigen untuk Anak-anak.

Fasilitas yang dibangun di lingkungan Kantor DPW PKS, Jalan G Obos, Palangka Raya ini dibuka untuk umum hingga kondisi udara di wilayah kota dinyatakan aman dari kabut asap.

Ketua Umum DPW PKS Kalteng H Heru Hidayat kepada wartawan, Sabtu (28/9), mengatakan, wahana rumah oksigen ini dioperasikan untuk membantu menjaga anak-anak, khususunya usia sekolah dari risiko gangguan kesehatan akibat kabut asap, terutama infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Layanan ini sepenuhnya gratis. Silahkan masyarakat yang memerlukan datang mengantarkan anak-anaknya yang masih duduk di bangku TK atau SD. Cukup dengan mengisi biodata diri anak, Insya Allah kita layani, ujar Heru, didampingi anggota DPRD Provinsi Kalteng Sirajul Rahman.

Dia menjelaskan, di fasilitas yang didesain memiliki udara (oksigen) sehat ini, anak-anak yang dimasukkan akan mendapat berbagai berbagai pelayanan, di antaranya pemberian minuman dan makanan sehat, oksigen murni, dan pemeriksaan kesehatan anak.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini menambahkan, kepedulian DPW PKS terhadap kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini bukan ditunjukkan kali ini saja.

Sebelumnya, saat baru memasuki musim kemarau, kader-kadernya turut melakukan upaya pemadaman karhutla bersama tim gabungan di bawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng.

Selanjutnya, kader-kader partai berlogo kabah, bulan sabit, dan padi kapas tersebut juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat di beberapa titik Kota Palangka Raya.

Meski tidak seberapa, kami berharap upaya-upaya ini dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam menanggulangi karhutla serta dampaknya, tambah mantan anggota DPRD Provinsi Kalteng ini.

Heru mengimbau, masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah agar tetap menggunakan masker agar terhindar dari gangguan kesehatan. Selain itu, Dia juga berharap seluruh pihak bersama menjaga agar karhutla tidak terus terjadi sehingga langit Kota Palangka Raya dan Kalteng pada umumnya bisa cepat bersih dari kabut asap. (Sut)

About dwidjo -

Check Also

BPN Aceh Utara Canangkan Zona Integritas

Aceh Utara, Koranpelita.com Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Aceh Utara berkomitmen untuk membangun Zona …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *