Pergatsi Jabar Latma di Kodiklatau

Jakarta,  Koranpelita

Direktur Doktrin Kodiklatau Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos selaku Ketua Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Jawa Barat mengadakan latihan bersama dengan para pemain gateball dari Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI dan Banten. di lapangan olahraga Kodiklatau, Sabtu (28/9).

Latihan bersama tersebut dalam rangka babak kualifikasi untuk menghadapi PON dan kejurnas di Pulau Samosir Balige Sumatera Selatan tanggal 26 oktober sampai dengan 2 November 2019 mendatang.

Latihan bersama ini merupakan try in bagi Jawa barat dan try out bagi Jawa Tengah, DKI dan Banten, jelas Dirdok.

Gateball disebut olahraga tanpa batas (barrier free sport) karena dapat dimainkan semua orang. Olahraga ini merupakan modifikasi permainan Croquet (permaian bola kayu) dimana menggunakan palu untuk memukul bola.

Olahraga ini pertama kali dikenalkan di Jepang, kemudian menyebar ke seluruh dunia. Seiring dengan perkembangannya, permainan gateball menyebar keberbagai negara lain termasuk Indonesia.

Saat ini sudah banyak peminat olahraga gateball di seluruh Indonesia, disebut sebagai olahraga yang sangat menyenangkan dan olahraga yang cerdas karena menentukan antara strategi, ketepatan dalam mengenai sasaran, membutuhkan kesabaran serta melatih konsentrasi dan emosi, dan dapat dimainkan oleh semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Kedepannya diharapkan olahraga ini bisa terus maju dan berkembang baik dalam kejuaraan-kejuaraan olahraga Nasional maupun Internasional.

Lebih lanjut dalam pernyataannya Dirdok menyatakan khusus untuk daerah Jawa Barat olahraga tersebut sudah semakin berkembang dan akan terus disosialisasikan, sehingga para peminat dapat terwadahi melalui Club-club serta kepengurusannya, dan sebagai anggota TNI Angkatan Udara Dirdok mengharapkan olahraga gateball bisa dipertandingkan dalam kejuaraan POR AU. Karena sudah banyak peminat dikalangan personel TNI AU yang ikut bergabung dalam kelompok olahraga tersebut.

Turut hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut Direktur Doktrin Kodiklatau beserta Ibu Irwan Is. Dunggio S.Sos, Ibu Sri Rejeki Ketua K9 salah satu pendiri gateball Indonesia, Ketua Pengurus Pergatsi Banten Bapak Hanan serta para pengurus dan pemain senior gateball.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Reorganisasi Berikan Kontribusi Positif Bagi organisasi Lantamal V, 18

Jakarta,  Koranpelita.com Ketua Korcab V DJA II Ny. Yoeliana Tedjo Sukmono memimpin acara reorganisasi Kepengurusan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *