Danguspurla Koarmada III Kunker ke Pangdam XVI/Pattimura Ambon

Ambon,  Koranpelita

Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada (Danguspurla Koarmada) III, Laksamana Pertama TNI Rudhi Avianta IH., S.E., M.Si., M.Tr.(Han) melaksanakan kunjungan kerja kepada Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H, M.H di Makodam XVI/ Pattimura Jl. Makodam No.1 Kota Ambon.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XVI/Pattimura didampingi Kasdam dan para Asisten Pangdam XVI/Pattimura. Laksma TNI Rudhi Avianta IH., S.E., M.Si., M.Tr.(Han) melaksanakan kunjungan kerja tersebut untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai sebagai Komandan Guspurla Koarmada III.

Guspurla Koarmada III sebagai komando pelaksana operasi memiliki tugas pokok melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut yang meliputi operasi tempur laut dan operasi amfibi, baik untuk mendukung pengendalian laut maupun untuk mencapai tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut. Dengan tugas yang sangat kompleks tersebut, Guspurla Koarmada III senantiasa terus meningkatkan kesiapsiagaan operasionalnya.

Pertahanan dan keamanan negara di laut mencakup aspek-aspek penanggulangan ancaman, gangguan dan pelanggaran hukum di laut sesuai dengan eskalasinya.

Upaya penindakan yang dapat dilakukan Guspurla Koarmada III antara lain adalah menghadirkan kekuatan unsur KRI (Kapal Perang RI) untuk melakukan penangkalan dan cegah dini terhadap kemungkinan terjadinya kerawanan di laut. Tindakan antisipasi dilaksanakan dalam bentuk pola pendeteksian, kehadiran di laut, pengawasan daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar serta penindakan apabila terjadi pelanggaran hukum di laut.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL Mendorong Mahasiswa STTAL Inovatif Dukung Kemandirian Teknologi Alutsista Angkatan Laut

Surabaya,  Koranpelita.com “Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sebagai pusat unggulan riset teknologi Alutsista keangkatanlautan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *