Kube Alkesa Lestari Tingkatkan Ekonomi Bersama

Jakarta,Koranpelita.com

Mardiah, yang membawa nama Kelompok Usaha Bersama (Kube) Alkesa Lestari Kelurahan Cipedak Jagakarsa, Jakarta Selatan menjadi Kube berprestasi dan terbaik di wilayah Jakarta Selatan. Sejumlah penghargaan berprestasi disabet Kube tersebut, salah satunya menjadi Juara 1 Kube berprestasi pada 2018 lalu.

Ditemui di kediamannya, Mardiah salah satu Ketua juga pendiri Kube menceritakan awal perjalanan ketika dirinya merintis usaha tersebut. Semuanya diawali pada 2006. Saat itu, kondisi ekonomi dia dan keluarga terbilang menengah ke bawah. Akhirnya ia pun menyerap ilmu resep keluarga berupa cemilan keripik singkong.

“Awalnya usaha ini memang turun temurun. Di 2006 saya mulai usaha sendiri. Awalnya membawa dagangan orang tua. Kemudian mencoba bikin sendiri dan saya mulai memasarkannya secara terpisah. Kemudian pas saya coba usaha sendiri, ternyata alhamdulillah maju, Ibu-ibu sekitar sini akhirnya ikut bantu-bantu,” terangnya, pada Jumat (13/9) kemarin

Dirasa usahanya mulai berkembang, Mardiah mulai mengumpulkan modal agar memiliki uang kas. Pada 2012, sebut Mardiah, ia mendapatkan informasi ada pengembangan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), yakni dengan tujuan pengentasan kemiskinan perkotaan dari Dinas Sosial DKI Jakarta.

“Di situ saya selaku masyarakat diajak bergabung untuk membentuk Kube karena usaha sudah mulai maju. Dengan membentuk kelompok, akhirnya usaha menjadi lebih maju dari usaha sendirian,” terangnya.

Seiring berkembangnya usaha yang dijalani, Mardiah pun menawarkan beberapa produk yang variatif. Tak hanya keripik singkong, kini Kube Alkesa Lestari juga memproduksi peyek kacang, selondoh, kembang goyang, opak singkong, dan pangsit goreng. Omset yang didapat mencapai Rp 50 juta per bulan, dari semula hanya Rp 500 ribu.

Saat ini Kube Alkesa Lestari memiliki 10 anggota tetap. Meski begitu, Mardiah tidak menutup pintu bagi siapapun yang tertarik untuk terlibat dalam Kube yang dibangunnya tersebut.

“Saya juga membuka tangan lebar untuk siapa saja yang punya keinginan maju bergabung dalam Kube ini, karena setelah melihat usaha ini maju, mereka jadi tertarik dalam melakukan kegiatan usaha,” pungkasnya.(Ivn)

About dwidjo -

Check Also

Pohon Kurma Di Depan Pos Polsubsektor Casagoya Tumbang Akibat Hujan Deras

Jakarta,  Koranpelita.com Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Jakarta Barat, khususnya di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *