Gerhana Sebagian Tanda Kekuasaan Allah SWT

Gresik, Koranpelita.com

Ustadz Muhammad Rosyihin, S.IP Alumnus Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang menjadi.imam dan Khotib sholat gerhana bulan, di Masjid Jami Baitul Muttaqin, Masangan, Gresik, Jawa Timur, Rabu 17 Juli 2019.

Sementara itu di Masjid Al Furqon, Perumahan Mayang Pratama, Bekasi Ustadz Maman Suhaman menjadi imam dan Khotib sholat khusuful qomar.

Gerhana bulan terjadi Rabu 17 Juli 2019, mulai jam 01.42-07.19WIB dengan puncak gerhana jam 03.30 wib.

Masjid Al Furqon meski dalam keadaan darurat, nyaris roboh namun tetap menyelenggarakan sholat jamaah khusuful qomar.untyk menjaga keselamatan dan memberikan rasa nyaman bagi jamaah, atap masjid yang terancam roboh langsung diturunkan.

Panitia dibentuk untuk menyusun rencana baru lengkap dengan anggaran guna membangun masjid baru yang dibutuhkan. Meski bangunan lama wakaf dari donatur Uni Emirat Arab (UEA), panitia masih mempertimbangkan apakah membangun masjid baru dengan menghancurkan wakaf bangunan lama atau mempertahankan bangunan wakaf dengan desain yang baru

Maman Suhaman yang bertindak sebagai
khotib mengingatkan gerhana baik bulan maupun matahari sebagai ketentuan Allah SWT yang sudah pasti. Sebagai tanda bawha alam dan segala isinya tunduk kepada ketetapan Allah SWT.

Masyarakat muslim lanjutnya harus bersyukur atas nikmat Allah SWT. Melakukan sunah yang diajarkan Rasulullah Muhammad Saw, bukan melakukan perbuatan yang dilarang.

Sebagian masyarakat mengaitkan gerhana bulan dan matahari sebagai kekuatan alam semata sehingga melakukan ritual yang justru bertentangan dengan syariat yang dianjurkan Islam. (djo)

About redaksi

Check Also

Puncak Peringatan HPN 2024, Ketua MPR RI Apresiasi Ditandatanganinya Perpres Hak Cipta Penerbit

Jakarta, koranpelita.com – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.