Akper Kesdam VI/Mulawarman Gelar Capping Day

 

Banjarmasin, Koranpelita.com

Sebagai bentuk kesiapan saat terjun kelapangan, puluhan Akademi Perawat (Akper) Kesdam VI/Mulawarman, dibekali berbagai pengetahuan seperti peningkatan pelajaran bahasa Inggris, ilmu dasar kebutuhan dasar manusia, serta diperkenalkan akan salahsatu tokoh keperawatan internasional masa lalu asal negara Italia yaitu Florence Nightingale.

“ Tujuannya sebagai bekal para anak didik kita untuk mampu berkifrah dimasyarakat khususnya dirumah-rumah sakit yang ada di Banjarmasin,” ujar Direktur Akper Kesdam VI/Mulawarman, Hj Tri Mawarni,S.Kep,Ns, M.Kep, disela kegiatan Capping Day, Hotel Nasa Banjarmasin, Senin (22/4/2019).

Secara keseluruhan lanjut dia, kegiatan kali ini diikuti 72 orang yang terdiri dari 15 mahasiswa tugas belajar dari TNI-AD dan 57 lagi merupakan mahasiswa umum tahun angkatan 2018-2019.
Menurut dia ‘capping day’ ini rutin digelar setiap tahun oleh mahasiswa tingkat satu.

Adapun rangkaian kegiatan diisi dengan ikrar janji mahasiswa dan mahasisiwi yang dilanjutkan secara simbolis penyerahan ‘pin’ kepada mahasiswa dan ‘kap’ bagi wanita serta peresmian penggunaan seragam perawat.

Terkait tokoh sosok pejuang keperawatan asal Italia, sebut Hj Tri Mawarni, hanya untuk mengingatkan agar para calon tenaga perawat profesional ini juga diajak untuk mengenang kembali kifrah Florence Nightingale dimasa silam, termasuk peningkatan bahasa Inggris bagi siswa yang ada kaitannya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini.

Hj Tri Mawarni, berharap agar para mahasiswa yang berada dibawah naungan Akper Kesdam mampu mengabdikan diri bagi masyarakat dan pasien yang dirawat.

“Spesifikasi utama dari kampus kami, adalah pertolongan pertama pada korban bencana. Jadi keunggulan kami adalah di bidang kegawatdaruratan,” bebernya.

Kegiatan capping day tersebut juga dihadiri oleh Dandenkesyah Banjarmasin Letkol Ckm Sukargi S.Kep, Ns.M.Kes beserta jajarannya, Kopertis XI Wilayah kalimantan, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Karumkit Tk.III Dr. R. Sueharsono Banjarmasin Letkol Ckm Karumkit Tingkat IV Guntung Payung, para staf dosen dan mahasiswa serta keluarga mahasiswa Akper Kesdam VI/Mulawarman.(pik)

About dwidjo -

Check Also

10 Juta Anak Tanamkan Kebiasaan Melalui “Program Sekolah dan Pesantren Sehat”

Jakarta,Koranpelita.co PT Unilever Indonesia, melalui Unilever Indonesia Foundation kembali hadirkan “Program Sekolah dan Pesantren Sehat”. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *