CEK KESIAPAN- Danlanal Cilacap, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo mengecek kesiapan personel dan material pendukungnya pada Apel Gelar Pasukan di Mako Lanal Cilacap. (penlantamal V)

Lanal Cilacap Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Cilacap, Koranpelita.com

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo memimpin langsung Apel Gelar Pasukan di Mako Lanal Cilacap, Jl. Niaga No. 2, Cilacap, guna mengecek kesiapan prajurit dan material pendukungnya, Minggu (14/4).

Gelar Pasukan tersebut sebagai bentuk kesiapan dan tanggungjawab terhadap Telegram pem BKO-an dari Kodam IV /Dip sebagai Satuan Pengamanan / Pemukul pada Pilpres 2019 di wilayah Kabupaten Kebumen.

Dalam Gelar pasukan internal tersebut, dihadirkan seluruh personel Lanal Cilacap yang terdiri atas unsur keamanan laut dan unsur keamananan darat. Unsur keamanan laut terdiri atas personel KAL, Patkamla, dan satu tim Second Fleet Quick Response (SFQR).

Sedangkan untuk unsur darat disiapkan 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) yang akan diperbantukan di Kabupaten Kebumen sebagai satuan Pemukul  yang akan digerakkan bila ada permintaan dari aparat kepolisian setempat, termasuk kesiapan personel Posal jajaran dan 1 SST sebagai unsur pengamanan internal yang akan bertanggungjawab atas pengamanan Mako Lanal, Dermaga KAL, serta Rumdis dan Mess.

Turut pula dihadirkan unsur pengamanan terbuka dari pihak Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal), serta unsur pengamanan tertutup oleh personel intelijen.

Apel gelar pasukan bersenjata lengkap dan material tempur tersebut merupakan bukti kesiapan dan komitmen serta keseriusan dari Lanal Cilacap guna menjaga kondusifitas keamanan dan Netralitas TNI pada Pilpres dan Pilleg 2019 dalam rangka menjaga keutuhan NKRI serta wujud pelaksanaan tupoksi Lanal Cilacap.

Pada kesempatan yang sama Danlanal Cilacap memerintahkan kepada peserta apel agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan  kesiapsiagaan guna mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

“Patuhi aturan pelibatan Pemilu 2019 dan SOP PHH/ tindakan Anarkis. Lakukan tindakan preventif dibandingkan represif, tidak emosional serta utamakan pendekatan secara humanis kepada masyarakat dengan tetap menjaga Netralitas TNI” tegasnya.(ay)

 

 

About ahmad yani

Check Also

Danlanal Yogyakarta Bersama Jajaran Forkompimda DIY Ikuti Virtual Puncak Acara Hari Sumpah Pemuda Ke-92

Yogyakarta,  Koranpelita.com Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II Kolonel Marinir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *