SYUKURAN-Danlanud SMH melaksanakan pemotongan tumpeng dan menyerahkannya kepada Pangdam IISwj Mayjen TNI Irwan, SIP, MHum pada acara syukuran HUT ke-73 TNI AU di Lanud SMH. (penlanud Smh)

Danlanud SMH: Pegang Teguh Komitmen Netralitas Pemilu 2019

Palembang, Koranpelita.com

 Seluruh personel TNI Angkatan Udara harus memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu Tahun 2019. Disamping itu, personel  TNI AU harus dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik di internal TNI AU, antar angkatan, serta antar Iembaga pemerintahan, termasuk dengan Polri.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Komandan Lanud Sri Mulyojo Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Heri Sutrisno, S.IP., M.Si., selaku irup Peringatan HUT TNI AU ke-73 tahun 2019, di Lapangan Bima Sakti, Lanud SMH, Selasa (9/4).  Bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Kal Brahmasta S.S.T.Han.

Lebih lanjut, Kasau menekankan kepada seluruh personel TNI AU untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berperilaku di Iingkungan masyarakat, jangan mudah terprovokasi dan jangan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik TNI AU.

Pada kesempatan tersebut,  Kasau menyampaikan sangat mengapresiasi kinerja seluruh personel TNI Angkatan Udara karena selama Tahun 2018 dan Triwulan pertama 2019  tidak ada peristiwa accident terjadi.

“Saya berharap kita dapat terus mengembangkan safety culture dan mempertahankan kondisi zero accident. Program Prioritas TNI AU tahun 2019 adalah tetap melanjutkan Road to zero accident , mempercepat pengadaan alutsista, memperkuat organisasi dan system pertahanan udara, serta pembangunan Network Centric Warfare”, tegas Kasau.

Kasau juga menggugah semangat seluruh personel dan generasi penerus TNI AU dalam mewujudkan cita-cita mereka.

“Mimpi akan masa depan yang hebat itu akan terwujud jika kalian mau memulainya dari sekarang, dengan karakter hebat yang kalian miliki. Masa depanmu, masa depan Angkatan Udara, adalah apa yang kalian impikan dan kalian bangun sejak awal bersumpah menjadi prajurit udara. Lanjutkan perjuangah ini dengan profesional, militan dan penuh inovasi, karyamu akan dikenang dan diteruskan oleh anak cucu,” papar Kasau.

Lebih lanjut, Kasau menyampaikan  pernyataan Presiden Soekarno pada peringatan ke-9 Hari AURI Tahun 1955 yang menyatakan bahwa “Kuasailah Udara Untuk Melaksanakan Kehendak Nasional Karena Kekuatan Nasional di Udara adalah Faktor Yang Menentukan Dalam Perang Modern”.

Menurutnya, pernyataan Presiden Soekarno tersebut  menegaskan bahwa TNI AU memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka menegakan kedaulatan negara.

Untuk itu, Kasau berharap pada peringatan HUT ke-73 TNI AU dapat dijadikan momentum bagi seluruh prajurit TNI AU untuk mengimplementasikan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian sehari-sehari.

Terkait netralitas TNI AU, Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb.Heri Sutrisno,S.IP, M.Si.,  berpesan kepada seluruh prajurit TNI AU Lanud SMH untuk tetap menjaga netralitas dan mendukung Kodam II/Sriwijaya bersama Polri dalam mengamankan Pemilu 2019.

“Intinya melalui HUT ke 73 tahun , seluruh prajurit TNI AU Lanud SMH mendukung penuh semua kegiatan TNI yang ada di Sumsel. Kedepannya masih banyak kegiatan kegiatan lain yang akan dilaksanakan TNI AU bersama Polri terus bersinergi dalam menjaga keamanan di Sumatera Selatan,” tutupnya

Pada peringatan HUT ke-73 TNI tersebut, selain dihadiri seluruh prajurit dan PNS TNI AU jajaran Lanud SMH, juga dihadiri  Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan S.IP, M.Hum., Kapolda Sumsel Irjen Pol. Zulkarnain Adinegara, Danrem 044/ Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Danpomdam II/Swj Kolonel Cpm Donald Siregar, Kapolresta Palembang Kombes Pol Didi Hayamansyah, Danlanal Palembang Letkol Laut (P) Saryanto serta pejabat forkopimda Sumsel.

Selain melaksanakan upacara peringatan HUT ke-73, Lanud SMH juga menggelar acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Danlanud SMH Kolonel Pnb Heri Sutrisno, SIP. Msi yang selanjutnya diserahkan kepada Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan SIP, Mhum.(ay)

 

 

About ahmad yani

Check Also

Anggota TGPF Intan Jaya Asal Papua Apresiasi Investigasi Tim

Papua,  Koranpelita.com Tim Gabungan Pencari Fakta kasus Intan Jaya (TGPF Intan Jaya) Papua sudah menyelesaikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *