BERSIHKAN MAKAM- Personel TNI Angkatan Udara di wilayah Medan melaksanakan Karya Bakti membersihkan areal Pemakaman massal korban kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di wilayah Sumatera Utara.. (Pen Lanud SWO)

Sambut HUT Ke-73, Personel TNI AU Wilayah Medan Bersihkan Areal Pemakaman Massal

Medan, Koranpelita.com

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara ke-73 tahun 2019, Personel TNI Angkatan Udara di wilayah Medan melaksanakan Karya Bakti membersihkan areal Pemakaman massal korban dari akibat kecelakaan pesawat yang pernah terjadi di wilayah Sumatera Utara,  diantaranya adalah makam  massal bagi korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 A.1310 yang jenazahnya tidak teridentifikasi. Kamis (28/3).

Makam massal yang terletak di jalan Adi Sucipto tepatnya bersebrangan dengan Makosekhanudnas III, korban akibat kecelakaan pesawat dikebumikan. Diantara para korban tersebut adalah korban jatuhnya pesawat Fokker F28 Garuda Indonesia yang menabrak gunung Partektekan anak gunung Sibayak pada 11 Juli 1979 dengan korban 62 jiwa. Korban jatuhnya pesawat Garuda Indonesia yang jatuh di daerah Sibolangit kabupaten Deli Serdang pada 26 September 1997 dengan korban 220 jiwa.

Di areal ini juga dimakamkan korban jatuhnya pesawat Boeing 737 -200 milik Mandala Air Lines yang gagal take off dan jatuh terbakar di jalan Jamin Ginting Padang Bulan Medan pada 5 September 2005 dengan korban 48 jiwa yang di kebumikan secara masal. Dan yang terakhir 7 jasad dan 22 potongan tubuh yang tak dapat di identifikasi akibat jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU yang dimakamkan pada 29 Oktober 2015 yang lalu.

Dalam kegiatan kurve masal ini dihadiri oleh Pangkosek Hanudnas III dan para asisten, para prajurit Wing III dan Yonko 469 serta para prajurit dan perwira di Kosek Hanudnas III dan Lanud Soewondo Medan. Turut ikut pada kegiatan Karya Bakti tersebut, serta untuk menjamin sinergitas TNI-Polri dan pemerintah, personel  dari kelurahan Suka Damai dan kecamatan Medan Polonia serta dari Kepolisian Sektor Medan Baru dan Koramil 05 Medan Baru ikut melaksanakan kurve missal.

Dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama semua area makam nampak bersih dan rapih. Tujuan dari kegiatan ini yaitu, selain dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI Angkatan Udara, juga bertujuan untuk menjaga kebersihan, keindahan, keasrian maupun kenyamanan di sekitar lokasi makam massal. (ay)

 

About ahmad yani

Check Also

Sambut HUT ke-57 Koharmatau Bagikan Paket Sembako

Bandung,  Koranpelita.com Dankoharmatau Marsekal Muda TNI Tri Suryono membagikan paket sembako kepada masyarakat terdampak Pandemi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *