Kedai “Sop Kaki Kambing Dudung” di Roxy, Jakarta Barat
Kedai “Sop Kaki Kambing Dudung” di Roxy, Jakarta Barat

Kuliner: Mencicipi Sop Kaki Dudung Roxy

Jakarta, KP

Kita bisa  merasakan pancaran kebahagiaan di wajah para pelayan  kedai “Sop Kaki Kambing Dudung” di Roxy, Jakarta Barat. Riang gembira melayani pengunjung. Padahal, setiap malam pelanggan datang tak putus-putus. Kedai Dudung,  memang salah satu warung sop kaki kambing terbaik di Jakarta.

Jenis usaha soto Dudung  ini lebih tahan gempa. Tidak mengenal krisis moneter, atau kelesuan ekonomi. Siapapun presidennya, tidak ngaruh. Jalan terus. Sejak berdiri, Dudung sudah melewati pemerintahan enam presiden. Dia sesungguhnya sosok mandiri. Tidak perlu grasa grusu, atau ngoyo memburu rezeki. Dia percaya, kalau “ milik”, Tuhan yang akan menggiring pelanggan itu datang, dan datang lagi.

Dudung tidak cuma di Roxy. Atau di sepuluh gerainya di beberapa tempat di Jakarta. Tetapi Dudung ada di mana- mana. Pesta kalangan berpunya di rumah- rumah mewah di Ibu Kota seperti tak sah tanpa kehadiran Soto Dudung. Mungkin juga Dudung malah daya tarik tamu- tamu mereka mau datang.

Kedai ini berdiri tahun 1975. Tempatnya di tepi  jalan Biak, kawasan Roxy, Jakarta Barat. Sejak pertama di situ. Hingga sekarang. Hanya lapaknya makin luas dibanding dulu. Menurut hitungan cepat, luasnya sekitar enam kali dibanding lapak semula. Dudung sudah tiada. Kini generasi kedua almarhun yang mengayuh usaha ini.

Baru saja, Kamis (31/1) lalu di bawah  rintik hujan, kami bersantap soto Dudung. Berkuah santan dengan menu potongan lidah dan kaki kambing,  dingin malam seperti nyisih dalam kenikmatan bersantap. Diiringi pula dengan musik tiga pengamen muda menyanyikan lagu- lagu hits Ahmad Dhani dengan Band Dewa nya yang legendaris.

Sejak Dhani divonis 18 bulan  penjara, lagu- lagu  lawasnya  kembali berkumandang di mana- mana. Diputar dan didengar kembali untuk mengenang dia. “ Hidup adalah perjuangan yang tiada henti- henti, “ pekik pengamen. (ilham bintang/naz)

 

About dwidjo -

Check Also

Kadispora Dijadwalkan Buka Pelatihan Menulis Berita Olahraga PWI

#Ketua KONI Sebagai Pembicara Utama Palangka Raya, Koranpelita.com Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *