Rombongan Komisi III DPRD Kalsel saat Kunjungan Kerja di Dishub Provinsi Bali.

Pelajari Pengelolaan Angkutan, Komisi III DPRD Kalsel Kunker ke Dishub Provinsi Bali

Denpasar, Koranpelita.com

Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan selatan (Kalsel) yang membidangi pembangunan dan infrastruktur melakukan kunjungan kerja ke Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Bali di Denpasar Rabu (8/5/2024).

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalsel, H. Gusti Abidinsyah, yang memimpin rombongan mengatakan bahwa fokus dari kunjungan kerja ini adalah untuk mempelajari bagaimana Provinsi Bali mengelola angkutan perkotaan.

“Bali mempunyai skup yang memang tingkat kepadatannya lumayan tinggi, yangmana angkutan sewa khususnya yang lebih besar 74,7% dan ini adalah upaya Bali luar biasa untuk bagaimana menghadapi angkutan ini,” ujarnya.

Karena itu lanjut Gusti Abidin, ingin belajar dari Provinsi Bali yang sudah membuat perencanaan-perencanaan bagaimana menanggulangi masalah kemacetan angkutan sewa khusus, karena kedepan, Kalsel akan menjadi gerbang IKN. Sehingga akan mencoba menerapkan pola integrasi seperti di Bali untuk dikaji dan dipelajari.

“Karenanya ada beberapa hal yang mendorong kita, yaitu masalah perencanaan kereta api. Jadi di Bali juga akan membuat jalur kereta api yang sinergi ke seluruh kabupaten/kota dan kita pun Alhamdulillah nanti akan membuat rancangan kereta api, mudah-mudahan pendanaan dari pusat bisa cepat keluar,” pungkas Gusti Abidin.

Sebelumnya, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Nyoman Suryanata yang menerima rombongan Komisi III DPRD Provinsi Kalsel siang itu mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan para perwakilan rakyat Kalsel ini.

“Sekali lagi tentunya berterima kasih Bali dijadikan tempat studi mudah-mudahan apa yang kami sudah lakukan di Bali bisa mensupport ke depannya bagaimana Kalsel bisa jauh lebih bagus mungkin dari segi penataan transportasinya,” sebut Nyoman Suryanata.

Selain itu, I Nyoman juga berharap kendala-kendala yang ada di Bali ini bisa menjadi pembelajaran sehingga permasalahan ini tidak sampai menjadi masalah di Kalsel. Tentu solusi yang juga dihadirkan seperti mendorong penggunaan kendaraan listrik bisa diterapkan di Kalsel (pik)

About kalselsatu

Check Also

Tim Tenis USM dan DPRD/Pemkab Jepara Tanding Persahabatan

JEPARA,KORANPELITA – Tim Tenis USM dan Tim DPRD Jepara dan Pemkab Jepara melakukan pertadingan persahabatan …

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca