Gerak Cepat TNI AL Bantu Evakuasi Penumpang KM. Resky yang Tenggelam di Pangkep Sulsel

Surabaya, koranpelita.com

Gerak cepat dilakukan TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan segera mengirimkan KRI Badau-841 untuk membantu dalam mengevakuasi KM Resky yang membawa total 15 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan penumpang kapal yang mengalami kedaruratan dan tenggelam akibat cuaca buruk, di Perairan Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12).

Kronologi kejadian berawal ketika KM Resky bergerak dari Pulau Pajenekang, Desa Mattiro Deceng, menuju Pulau Sanane, Desa Mattaro Adae, untuk mengambil penumpang, tujuan Dermaga Pangkajene, Ibu Kota Pangkep.

Saat KM Resky melewati Pulau Balang Caddi, tiba-tiba hujan turun disertai angin kencang dan ombak besar menghantam kapal yang sedang oleng ke kiri, sehingga tidak bisa mengendalikan kemudinya, hingga tenggelam ke dasar laut.

Mendengar informasi tersebut KRI Badau-841 yang saat itu melaksanakan patroli Operasi Komodo Jaya-23 bergerak cepat menuju perkiraan koordinat KM Reski yang tenggelam di Perairan Spermonde Makassar tepatnya pada 4°56’29.22″S 119°24’23.37″E sekitar Kep. Balangcaddi (±6.5NM) dari Pelabuhan Sabbang.

Berdasarkan informasi awal yang diterima, peristiwa ini menelan lima korban jiwa dan sepuluh orang lainnya berhasil selamat.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan merespon cepat terhadap informasi yang diterima, dalam hal ini membantu evakuasi korban kapal tenggelam di perairan Indonesia.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Lanal Yogyakarta Ikut Bersinergi Dengan Jajaran TNI Dan Masyarakat Sukseskan TMMD Ke-119

Yogyakarta,  koranpelita.com Prajurit Pangkalan TNI AL Yogyakarta bersinergi dengan jajaran TNI dibantu masyarakat setempat melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.