Pemkot Terus Berupaya Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Semarang

Semarang,koranpelita.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus berupaya meningkatkan kunjungan wisata, baik wisatawan domestik maupun mancanegara dengan beragam kegiatan.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pasca pandemi sektor pariwisata kini sudah mulai pulih. Pihaknya berusaha memanfaatkan momen ini untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Semarang.

” Selain mempercantik destinasi yang ada, Pemkot Semarang juga menggandeng pihak swasta untuk mempromosikan wisata di Kota Atlas. Salah satunya sektor industri perhotelan,” ungkap Mbak Ita sapaan akrabnya, Minggu (19/11/2023).

Menurutnya, kita sangat bergembira dan sangat mengapresiasi, khususnya bagi teman-teman di sektor industri pariwisata. Antara lain seperti pihak perhotelan, travel agent dan sebagainya.

Selain itu, banyak event yang digelar di Kota Semarang yang berskala nasional bahkan internasional. Hal ini tentunya menjadi salah satu pendongkrak kunjungan pariwisata di Semarang.

“Banyak event digelar, termasuk keterlibatan pihak perhotelan yang juga selalu kreatif menyajikan event dan promo menariknya,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso mengatakan, Kota Semarang saat ini sudah menjadi salah satu prioritas atau jujugan utama wisatawan.

“Dulu Semarang hanya kota transit, tapi saat ini banyak wisatawan yang memasukkan Kota Semarang dalam list kota yang ingin dikunjungi,” katanya.

Kunjungan Wisata Capai 4,2Juta Orang

Berdasarkan data terakhir, lanjut Wing Wiyarso, sejak awal tahun hingga bulan Oktober 2023 kunjungan wisatawan ke Kota Semarang mencapai 4,2 juta orang.

Hal ini tentunya membuktikan bahwa Kota Semarang masih menjadi peringkat pertama kunjungan di Jateng, di atas angka kunjungan ke Candi Borobudur, Magelang.

“Harapan kami di bulan Desember nanti, kunjungan wisatawan bisa tembus rekor mengalahkan kunjungan tahun 2022 di angka 5,2 juta wisawatan. Setidaknya harus di angka 5,5 juta wisatawan,” harapnya.

Ke depan, kata Wing Wiyarso, akan banyak tantangan dan momentum yang harus bisa diambil Pemkot Semarang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Ia menyebut, Kota Semarang saat ini telah menjadi salah satu skala prioritas jujugan wisata nusantara.

Berbagai event terus digelar Disbudpar Kota Semarang, seperti Pandanaran Art dan Jazz Festival yang diharapkan bisa jadi daya tarik lain.

Meski begitu, ada pula banyak event menarik seperti Festival Barongsai, Semarang Bercerita yang kaitannya dengan jalur rempah di Kota Lama Semarang, juga event yang diinisiasi oleh pihak swasta, promotor maupun perhotelan untuk mengundang wisawatan hadir.

“Ini yang kami harapkan ke depannya. Temen-temen perhotelan bisa terlibat dalam menarik wisatawan, dengan menggelar event yang lebih keren lagi. Diharapkan bisa lebih memunculkan inovasi kreativitas dalam menjamu tamu, sehingga mereka bisa lebih betah lagi tinggal di Kota Semarang. Dan mengajak sanak saudara dan handai taulannya berkunjung ke Kota Semarang,” ujarnya.(sup)

About koran pelita

Check Also

Tren Pariwisata 2024 Akan Mengalami Hyperlocal and Slow Zravel

Jakarta, Koranpelita.com Andry Satrio Nugroho, Kepala Pusat Industri, Perdagangan dan Investasi (INDEF), investasi wisata berkelanjutan¬† …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *