Wakil Ketua DPRD Kalsel, Hj Mariana S AB ( kiri)

Rampungkan Reses Hari Terakhir, Wakil Ketua DPRD Hj. Mariana Serap Aspirasi Warga Takisung dan Janji Akan Gelar Pelatihan Bagi Kaum Ibu

Kabupaten Tala, Koranpelita.com

Sepekan sejak 2 November 2023 lalu, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), H Mariana, menggelar kegiatan reses di masa sidang ketiga tahun 2023.

Hari terakhir reses, Hj Anna, yang akrab disapa ini, menjaring aspirasi warga di Desa Takisung, Kabupaten Tanah Laut (Tala) provinsi setempat, Kamis (9/11/2023).

Dalam tatap muka bersama politisi Gerindra ini, puluhan warga antusias dan memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan aspirasi terkait kepentingan masyarakat yang bermukim di sekitar bibir pantai Takisung.

Di antaranya, warga meminta difasilitasi lampu penerangan untuk kapal-kapal nelayan. Mengingat tak jarang terjadi kerusakan kapal atau kecelakaan diakibatkan jarak pandang yang pendek di malam hari.

Selain itu warga juga meminta peralatan pengolahan hasil laut diantaranya produk kerupuk ikan.

Menanggapi semua itu, tersebut, Hj. Anna, menyatakan akan membantu meneruskan aspirasi masyarakat ke Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Laut (Tala) terkait bantuan penerangan kapal untuk menunjang pekerjaan nelayan.

Kemudian untuk ibu-ibu terkait pembuatan kerupuk ikan tadi, Hj Anna memgatakan ada program rutin pelatihan pemberdayaan perempuan.

*Nanti saya akan mengadakan pelatihan dengan mengundang ahli, khususnya terkait pengolahan kerupuk ini, mulai dari pembuatan awal hingga proses packing, jadi bagaimana membuat packaging yang menarik, sekalian juga bagaimana proses mendapatkan modalnya,” paparnya.

Hj. Anna berharap masyarakat Kalsel, khususnya di pesisir pantai Tala tetap semangat untuk memanfaatkan potensi daerah, mengingat kedepan rencana tata ruang Tala diproyeksikan akan menonjolkan pariwisatanya.

Sehingga masyarakat perlu menguasai keterampilan yang mumpuni agar tak hanya menjadi ‘penonton’ disaat pengusaha-pengusaha besar dari luar daerah berinvestasi di Tala. Ia berharap warga asli Tala bisa menjadi ‘tokoh utama’ kemajuan Tala kedepan.(pk)

About kalselsatu

Check Also

UPZ Bank Kalsel Bantu Modal Usaha 2 Warga Banjarmasin

Banjarmasin, Koranpelita.com Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel memberikan bantuan modal usaha kepada warga Banjarmasin, Heny Anggrini dan Latifah. Heny …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca