Target Investasi di Kota Semarang Capai Rp 25,6 Triliun, Kini Tercapai 90 Persen

Semarang,koranpelita.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang di bawah kepemimpinan Hevearita Gunaryanti Rahayu optimistis investasi yang masuk sepanjang 2023 melebihi dari target. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Semarang, pada tahun 2023 ini target masuknya investasi sebesar Rp 25,6 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang, Diah Supartiningtias menyebut, prosentase investasi hingga September 2023 mencapai angka 90 persen dari target tersebut.

“Sampai September sudah mendekati 90 persen dari target. Kami optimistis akan mengejar 10 persen itu, bahkan lebih,” kata Diah, baru-baru ini.

Diah mengatakan, sesuai RPJMD jumlah investasi di Kota Semarang pada tahun ini mengalami peningkatan. “Insya-Allah pada 2024 akan melebihi. Sesuai RPJMD 27 persen, tetapi kami akan berusaha melebihi itu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kemudahan perizinan membuat investasi di Kota Semarang mengalami peningkatan. Selain itu, menurutnya posisi Kota Semarang dianggap strategis karena berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

“Lepas dari Covid-19, investasi di Kota Semarang mulai tumbuh dan terus berkembang,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya mencatat investor yang telah menanamkan modalnya yaitu, hotel, mal, dan pusat perbelanjaan hingga industri.

Bahkan, Diah berkata, masih banyak investor yang melirik Kota Semarang. Kendati begitu, pihaknya masih melakukan verifikasi terlebih dulu.

“Kami sudah bertemu dengan beberapa investor, nanti akan kami sampaikan ke Wali Kota Semarang terkait perkembangan investasi yang segera masuk ke Kota Semarang,” ujarnya.

Pada tahun depan, pihaknya akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait merespons investasi di Kota Semarang.

“Termasuk investasi UMKM juga akan kami galakkan bergerak bersama biar Kota Semarang biar hebat dan maju,” ujarnya.(sup)

About koran pelita

Check Also

Menparekraf Bertemu SportNXT Bahas Potensi Kerja Sama Sport Tourism Indonesia-Australia

Jakarta, Koranpelita.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/KaBaparekraf) Sandiaga Salahuddin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.