Antisipasi Banjir, Pemerintah Kota Semarang Kebut Pengerjaan Drainase dan Crossing

Semarang, koranpelita.com – Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu terus mendorong jajarannya untuk melakukan percepatan pengerjaan drainase dan crossing, untuk mengurangi potensi banjir di Kota Semarang pada musim penghujan mendatang.

“Banyak crossing yang sedang dibangun, salah satunya pembangunan drainase di Jalan Depok, Veteran, dan sebagainya,” ungkap Mbak Ita, sapaan akrabnya, Senin (18/9)2023).

Menurutnya, pengerjaan drainase dan crossing menjadi salah satu solusi dalam mengurangi potensi genangan air dan banjir. Mbak Ita mencontohkan pengerjaan drainase Jalan Depok yang menjadi salah satu fokus jajarannya.

“Drainase Depok diperbesar, karena kalau tidak diperbesar, apalagi kalau inletnya kecil nanti masuknya air akan lama,” terangnya.

Musim kemarau ini, lanjutnya, menjadi kesempatan sekaligus tugas pula bagi Pemerintah Kota Semarang, untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan khususnya terkait pengendalian banjir.

“Dampak El Nino di satu pihak membuat kering, namun di satu pihak ini bisa menjadi satu review, satu monitoring, mempersiapkan dan membangun pengendalian-pengendalian banjir,” imbuh wali kota perempuan pertama di Kota Semarang tersebut.

Media demikian, untuk peningkatan saluran di Jalan Depok sendiri saat ini tengah berlangsung dengan pekerjaan utama pembuatan saluran baru sepanjang 420 meter, pemasangan talud sepanjang 32 meter serta pembuatan crossing Jalan Tanjung sepanjang 24 meter.

“;Target penyelesaian peningkatan saluran sendiri pada awal Desember 2023, namun bukan tidak mungkin akan lebih cepat dari target. Kini realisasi pengerjaan telah mencapai 40,5%, dengan progress 6% lebih cepat dari target yang telah ditetapkan Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang.”

Tidak hanya ruas Jalan Depok, menurut Kabid Sumber Daya Air dan Drainase DPU Kota Semarang, Mochamad Hisam Ashari, DPU juga sedang melakukan pengerjaan drainase dan crossing pada beberapa titik secara serentak di Kota Semarang.

Pekerjaan tersebut mulai dari Jalan Veteran, ruas Jalan Imam Bonjol, Jalan Kedungmundu, Jalan Erlangga dan crossing Ahmad Yani, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Depok, Jatisari, dan Tlogosari Wetan.

“Kami sudah memulai sejak bulan Mei lalu, dengan target pertengahan Desember sudah selesai. Diharapkan setelah pekerjaan saluran dan crossing selesai, nantinya tak ada permasalahan banjir dan genangan di ruas jalan tersebut,” terangnya.(sup)

About koran pelita

Check Also

Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pemprov Jateng Gencarkan Program RTLH hingga Pemberdayaan Masyarakat

Semarang,koranpelita.com- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggencarkan berbagai program strategis guna percepatan pengentasan kemiskinan ekstrim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *