Beberapa Organisasi Siap Memperingati Hari Lanjut Usia Internasional 2023

Jakarta, Koranpelita.com – Beberapa organisasi yang berkiprah dalam perlindungan dan pemberdayaan Lansia diantaranya adalah Yayasan Swastisvarna, Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP), Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWR), Gerakan Nasional Lansia Peduli (GNLP), Agrianita IPB dan Silver Collage IPB berkolaborasi akan menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Internasional (HLUIN) 2023 di Jakarta, pada akhir dan awal Oktober 2023.

Dalam mempersiapkan kegiatan itu, mereka mengadakan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan (STW-RP) di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Selasa (08/08/2023).

Rapat koordinasi dipimpin oleh mantan Menko Kesra dan Taskin, Prof Dr Haryono Suyono dan dihadiri oleh Pembina Yayasan Swastisvarna, Dr (HC) Susianty Kawira, Ketua Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan, dr Sri Kusumo Amdani, SpA(K), MSc, Wakil Ketua Umum PB PWRI, Dr Rahayu Setyo Wardhani, anggota Agrianita-IPB, Prof Dr Clara M Koesharto, Sekjen GNLP, Drs Dedi Hermawan, MPA dan seluruh panitia penyelenggara.

Dalam arahannya Prof Dr Haryono Suyono mengharapkan semua panitia bekerja keras guna menyusun acara peringatan Hari Lanjut Usia Internasional 2023 yang akan dipusatkan di Jakarta. Mantan Menko Kesra dan Taskin ini juga menghimbau kepada pengurus daerah PWRI di seluruh Indonesia untuk bisa bersama-sama memperingati HLUIN 2023 di daerahnya masing-masing dengan penuh kegembiraan, tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Lanjut Usia Internasional 2023, Dr Mulyono D Prawiro mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran dan partsipasi seluruh undangan yang hadir pada rapat persiapan atau pertemuan kedua yang digelar di STW-RP.

Secara khusus Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada Ketua YKBRP, dr Sri Kusumo Amdani, SpA(K), MSc dan tim yang telah menyediakan tempat serta hidangan makan siang untuk seluruh peserta pertemuan, ucapnya.

Selain itu dirinya menyampaikan, bahwa pada awalnya peringatan HLUIN 2023 digagas oleh Pembina Yayasan Swastisvarna, Dr (HC) Susianty Kawira, saat melapor ke Prof Dr Haryono Suyono di kediamannya di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuannya, Prof Haryono menyarankan agar Yayasan Swastisvana tidak sendirian dalam memperingati HLUIN 2023. Perlu menggandeng Lembaga atau organisasi lain seperti Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan, khususnya Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan.

Dari rapat perdana kemudian berkembangan, sehingga Prof Haryono ingin peringatan HLUIN tahun 2023 ini lebih semarak dengan mengundang PB PWRI, khususnya Kerta PWRI, GNLP, Agrianita IPB dan Silver Collage IPB untuk bersama-sama bergabung dan berpartisapasi dalam peringatan HLUIN tahun ini, jelasnya.

Saat pertemuan berlangsung, Ketua Panitia memberi kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh peserta rapat untuk memberikan masukan atau saran agar pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Karena banyaknya saran dan masukan, maka seluruhnya ditampung dan dicatat dengan baik. Untuk sementara diputuskan bahwa acara akan dilaksanakan pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2023, bertempat di Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Berbagai kegiatan yang disiapkan diantara adalah Seminar/Webinar, pelatihan keterampilan Lansia, Senam Lansia Ceria, Bazar dan Parade Lomba Lansia, yang intinya membuat para Lansia senang dan bahagia, katanya.

Disamping itu, Sekretaris Panitia, Ns Ibnu Abas, S.Kep.,M.Kep, Sp,Kep.Kom memaparkan hasil sementara susunan kepanitiaan, rencana kegiatan dan estimasi anggaran yang diperlukan.

Dirinya meminta kepada seluruh panitia untuk melengkapi nama dan gelar akademiknya untuk segera dibuatkan SK Kepanitian dan ditanda-tangani. Untuk proposal saat ini hampir final dan diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, mungkin minggu depan semuanya telah siap, kata Abas.(Mdp)

About koran pelita

Check Also

Ini Alasan Kenapa Profesi Lulusan Ilmu Komunikasi Dianggap “Kece”

JAKARTA,KORANPELITA — Ilmu Komunikasi memang menjadi induk dalam berbagai ilmu seperti jurnalistik, advertising, public relation, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca