Kasal Promosi Kerjasama Stabilitas Kawasan dan Kegiatan TNI AL di IMDEX 2023

Singapura,  koranpelita.com

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menghadiri upacara pembukaan ajang International Maritime Defence Exhibition & Conference (IMDEX) Asia 2023 yang ke – 13 yang diselenggarakan pada tanggal 3-5 Mei 2023 di Changi Exhibition Centre (CEC) & Changi Naval Base (CNB), Singapura, Rabu (03/05).

IMDEX Asia 2023 yang berlangsung mulai tanggal 3-5 Mei 2023 ini merupakan kegiatan pameran kemaritiman dan pertahanan yang melibatkan puluhan negara sekaligus perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang teknologi pertahanan maupun keamanan untuk menunjukkan dan menawarkan produk terbaru unggulannya.

Even Internasional yang dihadiri oleh 26 Kepala Staf Angkatan Laut dari berbagai negara tersebut diikuti juga oleh produsen teknologi sensor, senjata dan juga Perusahaan Pembangun Kapal Perang dari beberapa negara. Pada kesempatan tersebut Kasal mengunjungi beberapa booth produsen Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpahankam), beberapa produknya juga digunakan oleh TNI AL.

Disela-sela kegiatan tersebut Kasal juga melakukan beberapa pertemuan dengan mitra Angkatan Laut dari negara-negara sahabat. Selain mempromosikan kerjasama dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan, juga mengundang kehadiran Angkatan Laut negara sahabat untuk berpartisipasi pada Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo 23 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada acara IMDEX Asia 2023 ini, TNI AL menghadirkan 3 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yaitu kapal jenis Bantu Rumah Sakit (BRS) KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, kapal jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Halasan-630 dan kapal jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) KRI I Gusti Ngurah Rai-332, dimana ketiganya merupakan hasil produksi industri strategis nasional Indonesia.

Kehadiran ketiga KRI ini selain sebagai sarana promosi alutsista dalam negeri juga untuk memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan Indonesia, nantinya prajurit dari tiap-tiap KRI akan memperkenalkan kesenian tradisional Indonesia di antaranya kesenian Reog Ponorogo, Tari Saman, Tari Sinanggar Tulo, Tari Perang, Pencak Silat, Tari Gaba-gaba, Tari Dayak dan Tari Kecak.(ay)

About ahmad yani

Check Also

TNI AL Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat

Jakarta, koranpelita.com Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca