Kodiklatal Terima Kunjungan Siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan Ke-31

 

Surabaya, koranpelita.com

Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mendapat kehormatan sebagai salah satu komando utama yang dituju oleh siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara Angkatan Ke-31, dalam kegiatan kunjungan atau karya wisata mereka ke jajaran TNI AL di wilayah Surabaya, Selasa (21/6/2022).

Sebanyak 378 siswa –siswi kelas XII SMA Taruna Nusantara , beserta 52 orang pamong atau pendamping diterima langsung Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono di Gedung Mulyadi, Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Turut hadir dalam kunjungan tersebut yakni Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, pejabat utama Kodiklatal, para Direktur Kodiklatal, kemudian Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Pur) Valentinus Suhartono Suratman, Wakil Kepsek Bidang Administrasi Mayjen TNI (Purn) Nanang Djuana Priadi, dan Wakil Kepsek Bidang Kesiswaan Mayjen TNI (Purn) Asrobudi.

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan melalui pendekatan perjalanan edukatif di lembaga pendidikan militer Kodiklatal, juga mengenal langsung TNI Angkatan Laut. Sehingga diharapkan akan lahir generasi penerus TNI AL dari Siswa SMA Taruna Nusantara yang berdaya juang tinggi.

Setelah disambut penampilan Brassband Siswa Kodiklatal, dan menyaksikan profil Kodiklatal seluruh siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara mendapat ceramah pembekalan dari Dankodiklatal. Adapun dalam kesempatan tersebut Dankodiklatal menyampaikan secara umum tentang TNI AL dan kemaritiman, diantaranyatujuh (7) pilar Kebijakan Kelautan Indonesia, tugas pokok TNI AL melaksanakan pertahanan di laut, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut yurisdiksi nasional, juga melakasanakan tugas diplomasi TNI AL dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri Indonesia, melaksanakan tugas TNI untuk pembangunan dan pengembangan matra laut, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Tidak ketinggalan orang nomor satu di jajaran Kodiklatal ini juga memberikan penjelasan tentang eksistensi Kodiklatal , sebagai salah satu lembaga pendidikan TNI AL yang kini telah mengalami perkembangan signifikan dengan hadirnya tiga satuan pendidikan di luar Surabaya, sebagai upaya pemimpin TNI AL untuk mempercepat pemenuhan organisasi.

Setelah menyimak ceramah pembekalan, Dankodiklatal pun mempersilakan siswa untuk mengajukan pertanyaan yang langsung disambut secara antusias. Untuk menambah antusias sekaligus membangkitkan motivasi siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di TNI AL, di penghujung kegiatan sebelum beranjak pulang seluruh siswa disuguhi sejumlah aksi demo para siswa Dikmaba dan Dikmata Kodiklatal. Yakni demo Kolone Senapan, penanganan perampasan oleh Tim K-9 Pusdikpomal, dan beladiri Karate.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Danlantamal V Terima Kunjungan PPAL Wilayah V

Surabaya,  koranpelita.com Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.