Dankodiklat TNI AL dan Pejabat Utama Terima Paparan Rencana Giat Lattek Siswa di Tiga Pusdik

 

Surabaya, Koranpelita.com

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan Pejabat Utama Kodiklatal menerima paparan rencana kegiatan Latihan Praktek (Lattek) siswa di tiga Pusat Pendidikan (Pusdik) di bawah Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum). Paparan tersebut dilaksanakan di Ruang Joglo Gedung Pokgadik Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (9/12/2021).

Ke tiga Pusdik yang akan melaksanakan Lattek siswa tersebut satu berasal dari Kodikmar yaitu Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Kodikmar melaksanakan Lattek Pendidikan Komando (Dikko) Angkatan ke-167, sedangkan dua Pusdik lainnya berasal dari Kodikdukum antara lain Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) melaksanakan Lattek Dukungan Kesehatan dengan Sandi Jalasena Husada-1 Tahun 2022 dan Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpomal) melaksanakan Lattek Profesi Militer dengan sandi Widhayaka Pratama-2 Tahun 2022.

Selain Dankodiklatal selaku penerima paparan, hadir dalam acara tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, S.Sos., M.M., CHRMP, Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Zulkifli Mahmud, CHRMP, para Direktur Kodiklatal dan para Komandan Kodik di Jajaran Kodiklatal.

Untuk paparan pertama Lattek Dikko Angkatan ke-167 disampaikan oleh Letkol Marinir Suherman yang sehari-harinya menjabat Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Pusdikif Kodikmar. Dalam paparannya, Dansebaif menyampaikan bahwa tujuan dari lattek adalah untuk membekali dan melatih siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan tentang teknik dan taktik pertempuran di berbagai medan dengan kesatuan tim maupun perorangan, sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai anggota regu dan jabatan lain setingkat di satuan Marinir.

Sedangkan sasaran latihan adalah agar siswa dapat melaksanakan problem tahap dasar komando, tahap laut, tahap hutan, tahap operasi khusus dan problem lintas medan dengan baik dan benar. Pendidikan Komando ‘Prajurit Petarung’ ke-167 ini akan diikuti Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan XLI/1 kejuruan Marinir.

Sementara itu paparan ke dua Lattek Dukungan Kesehatan Jalasena Husada-1 Tahun 2022 disampaikan oleh Letkol Laut (K) M. Tarigan, S.E., jabatan sehari-harinya Komandan Sekolah Khusus Kesehatan (Dansesuskes) Pusdikkes menyampaikan bahwa kegiatan Lattek Dukungan kesehatan lapangan ini diawali dengan penyusunan perencanaan latihan dilanjutkan geladi Posko di Pusdikkes dan kegiatan Manuver Lapangan (Manlap) diawali sekitar kesatrian kodiklatal dan Puspeknubika dan diteruskan Manlap di Puslatpur Purboyo Kabupaten Malang.

Menurutnya Lattek Kesehatan Lapangan ini bertujuan mengaplikasikan teori yang telah didapat di kelas sekaligus meningkatkan keterampilan baik perorangan maupun secara kelompok dalam upaya evakuasi kesehatan di lapangan baik melalui darat, laut dan udara termasuk dalam suatu operasi amfibi.

Sedangkan paparan terakhir dari Lattek Lattek Profesi Militer Widhayaka Pratama-2 Tahun 2022 disampaikan Letkol Laut (PM) Didit yang sehari-harinya menjabat Danseba Pusdikpomal, dalam paparannya menyampaikan Lattek Fungsi Pomal Widhayaka Pratama siswa Pusdikpomal ini terdiri empat rangkaian Lattek, rangkaian pertama adalah Jurit tangkas Polisi Militer meliputi meluncur tali, merayap tali, panjat tebing (free climbing), body hesty, river crossing, sit repling, tali temali dan Ilmu Membaca Medan dan Peta (IMMP).

Rangkaian kedua adalah Polisi Militer dalam Ops TNI AL meliputi Problem Pengambilan Tawanan Perang dan Rustaper, Problem Troldik, Problem Pungdamah, Problem Yudha Kelana, Problem Olah TKP Laka-Lalin dan Problem Olah TKP Pembunuhan.(ay)

About ahmad yani

Check Also

Jelang Serijab, Dankodiklatal Laksanakan Memorandum

Surabaya, Koranpelita.com Menjelang pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *