Pejabat Gunakan Seragam Terafiliasi Parpol, Kasn Segera Klarifikasi Sekjen Kementan

Jakarta,koranpelita.com

Seiring dengan pemberitaan terkait sejumlah pejabat Kementerian Pertanian (Kementan), yang mengenakan seragam Komando Strategis NasDem (Kostranas) dalam rapat Komisi IV DPR dengan eselon I Kementerian Pertanian pada 15 November 2021 lalu, mendapat perhatian serius Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bertindak cepat untuk menjalankan salah satu fungsinya dalam pengawasan dan penegakan netralitas ASN.

Menurut Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, dalam Pasal 9 ayat 2 UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara telah menetapkan, bahwa Pegawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Ketentuan ini harus dijalankan oleh setiap ASN pada berbagai level jabatan.

“Netralitas ASN adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi karena ASN berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Apalagi bagi seorang pejabat JPT Madya yang semestinya menjadi contoh bagi bawahan,” jelas Agus dalam releasnya, Rabo ( 17/11/2021)

Atas persoalan penggunaan seragam oleh beberapa pejabat teras Kementan tersebut, Agus menegaskan, bahwa KASN akan memanggil Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian pada Jumat, 19 November 2021 di kantor KASN untuk meminta klarifikasi lebih lanjut.

Terkait dengan kemungkinan sanksi yang akan diberikan, Agus menyebut akan disesuaikan dengan kooridor ketentuan yang berlaku. “Tentunya KASN akan melakukan pemeriksaan secara objektif dan independen,” tutupnya.(***).

About koran pelita

Check Also

Menangkal Ancaman Siber di Era Digital Ala Relawan Perisai Prabowo

Jakarta,KORANPELITA.com – Kebocoran data yang terjadi beberapa waktu lalu telah mengganggu kepercayaan khalayak terhadap keamanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan *Batas waktu terlampaui. Harap selesaikan captcha sekali lagi.

Eksplorasi konten lain dari www.koranpelita.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca