Salah satu Bus Wisata Terbuka Yang Mangkal di Nol Kilometer Kota Banjarmasin.

Selain Kelotok, Bus Terbuka Lengkapi Sarana Wisata Siring Tendean di Nol Kilometer

Banjarmasin, Koranpelita.com

Destinasi wisata di Kota Banjarmain kini semakin marak saja.
Selain Pasar Terapung dengan fasilitas sampang motor (Kelotok dalam bahasa Banjar) yang ada di Siring Tendean Sungai Martapura ini, kehadiran Bis Wisata yang mangkal tepat di Tugu Nol kilometer dikawasan itu makin melengkapi untuk menyenangkan wisatawan.

Bus wisata terbuka yang dikelola tiga asosiasi pariwisata, seperti ASITA, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kalsel dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalsel, setiap saat siap melayani wisatawan untuk berkeliling melihat suasa di dalam Kota Banjarmasin, Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Seperti yang diungkapkan koordinator bus terbuka, Guntur, saat ditemui dilokasi, Selasa (19/10/2021) siang, menuturkan, mempunyai kepengurusan lapangan tentunya sangat mendukung bus terbuka ini untuk beroperasi dan juga melibatkan banyak pelaku usaha.

Dalam mendukung pariwisata, pemerintah daerah bersama pelaku usaha yang terlibat memberikan peluang untuk bisa mendapatkan income dimasa pandemi corona yang cukup sulit ini.

“Saya mengkoordinir operasional disini. Kalo bus ini milik dinas pariwisata Provinsi Kalsel” kata Guntur.

Pria ini menjelaskan, bus terbuka beroperasi untuk hari Senin hingga Jumat mulai Pukul 15.00 – 22.00 Wita. Untuk hari libur Sabtu dan Minggu Pukul 08.00 – 22.00 Wita, dengan tarif Rp. 10.000/orang.

Sedang untuk rute, start mulai dari Siring Nol kilometer melalui Jl. Lambung Mangkurat- Kertak Baru- Pangeran Samudera-Veteran- Hidayatullah-Sultan Adam- Adhyaksa- Hasan Basri- S. Parman dan berakhir kembali ke Nol Kilometer,

Disinggung manfaat lain dari hadirnya bus wisata ini? Guntur menambahkan bukan hanya memberikan informasi umum, hiburan, bernyanyi dan juga mengenalkan sejarah selama perjalanan keliling kota bagi wisatawan baik itu masyarakat kota dan luar kota, hingga mancanegara agar bisa menikmati tamasya tak hanya melalui jalur sungai saja.

Terkait penghasilan untuk pengurus yang belum merata menurutnya tidak terlalu jadi masalah.
Namun yang penting, operasional cukup untuk beberapa supir, pramuwisatanya dan isi bensin. (Zul/pk)

About kalselsatu

Check Also

Relawan Air Pres Dukung Airlangga Hartarto Capres 2024

Semarang,koranpelita.com Relawan Airlangga Hartarto Presiden 2024 untuk Provinsi Jawa Tengah dideklarasikan di Jl ota Semarang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *